Ini Cara Mengobati Bercak Putih di Mulut Si Kecil yang Masih Bayi

Merries Insight
16 Juli 2016
Umum
Share
Ini Cara Mengobati Bercak Putih di Mulut Si Kecil yang Masih Bayi

Bagi Moms dan Dads, tidak ada hal yang lebih membahagiakan saat melihat si Kecil tertawa lepas. Namun, ada kalanya momen spesial tersebut runtuh saat mendapati bercak-bercak putih pada lidahnya. Daripada menduga-duga, ada baiknya Moms dan Dads segera memeriksakan si Kecil. Bercak putih di lidah si Kecil sebenarnya normal terjadi, tetapi hal ini juga bisa mengindikasikan penyakit.

Di sisi lain, Moms dan Dads bisa mencari tahu terlebih dahulu faktor penyebab dari bercak putih di lidah si Kecil. Berikut ini ada beberapa pemicu yang mengakibatkan kondisi tersebut, yaitu:

Susu

Amati bagian putih di lidah si Kecil secara saksama. Jika lapisannya bersifat temporer (datang dan pergi), maka bisa dipastikan kalau bercak putih tadi hanya bekas susu yang diminum si Kecil. Moms dan Dads bisa membersihkannya dengan memakai kain basah atau kering yang lembut. Moms tidak perlu khawatir kalau permukaan lidah si Kecil berwarna merah muda setelah dibersihkan, karena itu berarti dia sehat. Namun kalau lapisan putih tadi tampak kemerahan, ada kemungkinan si Kecil terinfeksi oral trush.

Oral Trush

Lapisan putih di lidah si Kecil bisa berasal dari infeksi jamur bernama Candida albicans. Akibatnya, si Kecil yang masih berusia di bawah dua bulan akan mempunyai lidah dengan bercak-bercak putih. Selain itu, infeksi menyerang ke bagian-bagian lain seperti pipi bagian dalam, langit-langit mulut, hingga bibir bagian dalam. Oral trush hanya bisa disembuhkan oleh antibiotik tertentu. Si Kecil juga biasanya akan rewel karena ketidaknyamanan di dalam rongga mulutnya.

Setelah mengetahui penyebabnya, Moms dan Dads bisa menghilangkannya sesuai akar permasalahan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Membersihkan Bekas dari Susu

Seperti yang telah disebutkan, kalau bercak ditimbulkan susu, Moms dan Dads bisa membersihkannya dengan mudah. Perawatannya pun tidak berlebihan. Meski begitu, Moms dan Dads harus melakukannya dengan hati-hati. Siapkan kain bersih, lalu celupkan tepinya ke air hangat. Kemudian, pancing si Kecil agar mau membuka mulutnya lebar-lebar. Setelah itu, seka perlahan bercak putih tadi secara melingkar dan lembut hingga lidahnya kembali bersih.

Menghilangan Jamur / Oral Trush

Oral trush ringan sebenarnya bisa hilang sendiri. Namun kalau sudah berat, Moms dan Dads mau tak mau harus menggunakan obat untuk menghilangkannya. Dokter akan memberikan Nistatin tetes atau lotion anti jamur untuk menyembuhkan si Kecil. Untuk obat tetes, si Kecil cukup diberikan beberapa tetes per hari sesuai anjuran dokter. Usahakan Moms dan Dads mempertahankan posisi mulutnya supaya obat tetes tersebut tidak tertelan.

Semoga informasi ini dapat membantu Moms dan Dads menjaga si Kecil dalam masa tumbuh kembangnya, ya!