Ibu Hamil Sering Berkeringat? Wajar Kah?

Merries Insight
01 April 2016
Umum
Share
Ibu Hamil Sering Berkeringat? Wajar Kah?

Pada waktu kehamilan, ibu hamil kadang mengalami berbagai keluhan yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Ukuran perut yang kian membesar membuat tubuh menjadi kurang nyaman melakukan aktivitas seperti biasa. Selain itu ada lagi keluhan lainnya yang kerap dirasakan oleh ibu hamil yaitu mudah berkeringat saat cuaca panas.

Memang beberapa ibu hamil dalam kondisi tertentu kadang mengalami keringat yang berlebihan padahal tidak menjalani aktivitas yang berat atau bahkan hanya duduk-duduk santai. Bagi wanita yang sangat memperhatikan perubahan gejala mungkin akan bertanya-tanya apakah ibu hamil sering berkeringat merupakan hal yang normal?

Bagi Moms yang sedang hamil dan mengalami kasus seperti ini, mungkin sudah mengalami saat – saat di mana tidak melakukan aktivitas tetapi keringat tetap keluar dan membuat pakaian menjadi basah. Perlu diketahui bahwa keringat adalah proses sekresi alami untuk menjaga agar suhu tubuh tetap stabil dan tidak kepanasan. Pada dasarnya, sering mengalami keringat berlebih saat hamil adalah hal yang wajar.

Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab ibu hamil sering berkeringat. Penyebab tersebut antara lain adalah:

Peningkatan Aliran Darah

Pada saat hamil, tubuh mengalami peningkatan aliran darah ke kulit yang menyebabkan ibu hamil menjadi merasa lebih hangat. Hal tersebut akan merangsang kelenjar keringat menstabilkan suhu tubuh sehingga memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak.

Peningkatan Jumlah Hormon Progesterone

Hormon progesterone memiliki sifat thermogenic. Hormon tersebut akan membuat ibu hamil merasa panas. Jadi peningkatan produksi hormon progesterone dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di kulit terbuka lebar dan ibu hamil merasakan kepanasan.

Usia Kehamilan

Seiring dengan usia kehamilan yang kian bertambah, usia tersebut ternyata juga turut berpengaruh terhadap tingkat kepanasan ibu hamil. Jadi cukup wajar jika kehamilan semakin membesar para ibu hamil sering mengeluarkan keringat berlebih.

Tidak dipungkiri bahwa produksi keringat berlebih pada ibu hamil menyebabkan keadaan yang tidak menyenangkan. Apalagi jika ibu hamil mengalami pengap dan baju menjadi basah karena keringat. Untuk membantu mengatasi hal tidak menyenangkan tersebut, berikut ini adalah beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan.

  • Mengenakan pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang nyaman misalnya katun. Bahan tersebut dapat menyerap keringat dengan baik sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancer.
  • Hindari terlalu lama berada di ruang yang sempit. Hal tersebut hanya akan membuat ibu hamil merasa semakin gerah.
  • Hindari mengkonsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan keringat berlebih.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi masalah keringat berlebih pada ibu hamil. Jadi kini Moms tidak perlu merasa khawatir jika mengalami keringat berlebih selama kehamilan.