Hal Inilah yang Paling Ditakuti Si Kecil yang Berusia 6 Bulan-3 Tahun

Hal Inilah yang Paling Ditakuti Si Kecil yang Berusia 6 Bulan-3 Tahun

Usia 6 bulan hingga 3 tahun adalah usia yang menggemaskan untuk Si Kecil. Pada rentang usia tersebut, Si Kecil mulai aktif dan tumbuh. Karena itu Moms harus memastikan nutrisi dan kesehatan Si Kecil. Perlu Moms ketahui bahwa ada beberapa penyakit yang sering menyerang Si Kecil pada rentang usia 6 bulan hingga 3 tahun. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh Moms adalah alergi atau peradangan. Akibat dari alergi dan peradangan yang diderita Si Kecil bisa berbahaya. Misalnya, Si Kecil terserang radang paru-paru, maka besar kemungkinan akan terkena penyakit sesak napas. Jika napas Si Kecil terlihat berat dan disertai batuk, maka Moms patut waspada.

Selain itu, kolera juga menjadi penyakit yang ditakuti oleh Moms yang memiliki Si Kecil berusia 6 bulan hingga 3 tahun. Kolera adalah penyakit infeksi usus. Saat terserang penyakit kolera, biasanya Si Kecil akan mengalami diare, muntah, dan dehidrasi. Selain memberikan air dan garam, Si Kecil pun biasanya harus diberikan vaksin agar terbebas dari kolera. Usia 6 bulan hingga 3 tahun rentan terserang penyakit diare. Moms harus waspada karena diare yang terus menerus akan mengakibatkan diare akut. Penyakit diare akut ini dinamakan disentri. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi kuman. Si Kecil akan mengalami demam sebagai gejala awal. Setelah itu, Si Kecil juga akan mengalami sakit perut saat buang air besar. Jika sudah parah, maka feses akan berlendir dan berdarah. Segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Penyakit lain yang membahayakan Si Kecil adalah Pneumonia. Penyakit ini merupakan penyakit infeksi radang paru-paru. Umumnya, Pneumonia disebabkan oleh bakteri, virus dan fungi. Saat terserang penyakit ini, Si Kecil akan mengalami gangguan pernapasan diikuti dengan suhu tubuh yang tidak stabil. Pemakaian diapers yang tidak benar pun bisa mengakibatkan penyakit. Penyakit tersebut dinamakan ruam popok. Penyakit ini disebabkan oleh iritasi kulit pada area yang tertutup diapers. Umumnya, akan terlihat bintik kemerahan pada kulit Si Kecil. Walaupun penyakit ini tidak berbahaya namun penyakit ini akan membuat Si Kecil menjadi rewel dan merepotkan. Penyakit ini biasanya merupakan respon kulit terhadap kotoran seperti feses atau urine. Untuk penanganan, periksakan ke dokter atau berikan bedak anti gatal agar bintik kemerahan hilang. Setelah itu, gantilah diapers secara berkala dan ada baiknya tidak memasang diapers terlalu ketat.