Fakta Operasi Cesar yang Sebaiknya Moms Ketahui

Fakta Operasi Cesar yang Sebaiknya Moms Ketahui

Tidak dipungkiri bahwa sebagian besar ibu hamil pasti ingin melahirkan buah hatinya dengan normal, termasuk Moms. Tetapi beberapa kendala kadang harus membuat mereka melakukan operasi Caesar demi keselamatan ibu hamil dan juga janin yang sedang dikandung. Terlepas dari itu, ada beberapa fakta yang menarik lho Mom dari operasi Caesar yang mungkin belum diketahui tetapi sebenarnya wajib untuk diketahui oleh ibu hamil. Berikut ini adalah fakta – fakta Caesar yang akan menambahkan pengetahuan Moms tentang operasi kelahiran ini:

Masih Melibatkan Vagina

Apakah Moms tahu bahwa walaupun vagina sudah bukan termasuk saluran yang digunakan untuk proses persalinan bayi, namun operasi Caesar masih tetap melibatkan organ kewanitaan tersebut. Dokter akan memberikan semacam cairan ke dalam vagina untuk membersihkan darah setelah persalinan. Sebelum proses persalinan dilakukan, vagina ibu hamil juga akan dipasangi alat untuk membantu hal tersebut.

Perut Seperti Ditarik-tarik

Sebelum ibu hamil mengalami tindakan operasi, dokter akan memberikan obat bius sehingga pasien tidak dapat merasakan apa – apa atau mati rasa. Tetapi beberapa orang mengaku bahwa saat proses operasi berlangsung, mereka merasakan perut mereka seperti sedang ditarik – tarik. Hal ini karena proses penyayatan yang dilakukan pada perut sebagai jalan lahir bayi.

Tubuh Bergetar

Setelah proses operasi selesai, biasanya pasien akan merasakan tubuh mereka seperti bergetar. Tetapi ada pula yang hanya merasakan urat kaki mereka seperti tertarik. Walaupun demikian, hal itu tergolong normal Moms, dan akan reda dengan sendirinya.

Kedinginan

Sebagian besar wanita yang baru saja melakukan operasi Caesar akan beranggapan bahwa suhu ruangan mereka terlalu dingin. Hal ini ternyata berasal dari efek obat bius yang diberikan. Selain itu, ibu-ibu tersebut sebenarnya juga hampir setengah telanjang ketika operasi sehingga merasa dingin.

Memerlukan Toilet Portable

Setelah proses operasi berlangsung, para ibu tentu akan sulit bergerak karena bekas operasi yang masih baru dan sakit. Oleh sebab itu, ibu pun mengalami kesulitan buang air besar sehingga memerlukan tempat khusus untuk buang air besar. Hal tersebut dapat segera dikurangi dengan mengkonsumsi cairan lebih banyak dan mencoba sedikit berjalan – jalan pasca operasi.

Ada Resiko Gumpalan Darah

Saat menjalani operasi Caesar, ada resiko terjadi pembekuan darah di pembuluh darah, khususnya di organ panggul atau kaki. Resiko ini lebih besar setelah operasi Caesar daripada persalinan normal. Jika pembekuan darah sampai ke paru – paru, masalah ini dapat membahayakan nyawa.