Di Usia Berapa Sebaiknya Si Kecil Menonton Di Bioskop?

Di Usia Berapa Sebaiknya Si Kecil Menonton Di Bioskop?

Menonton film di bioskop adalah salah satu cara oleh keluarga Indonesia untuk menghabiskan quality time dengan semua anggota keluarga.Tetapi berada di dalam ruangan yang gelap, penuh orang asing apalagi dengan suara yang menggelegar bisa membuat Si kecil yang masih terlalu muda jadi rewel. Belum lagi masih banyak film-film yang diputar di bioskop sebenarnya kurang cocok untuk ditonton oleh si kecil kecil, meskipun itu adalah film animasi. Jadi sebenarnya pada usia berapakah Si kecil sudah bisa diajak menonton film di bioskop?

Usia 4 tahun sudah boleh

Ada beberapa pendapat yang membolehkan Si kecil berusia 2,5 sampai 3 tahun sudah boleh diajak nonton di bioskop. Tapi sebenarnya di usia ini Si kecil belum bisa beradaptasi dengan baik dengan cahaya terang dan juga suara yang keras di dalam studio. Menurut pakar psikologi si kecil, usia 4 tahun adalah usia minimal yang baik bagi Si kecil untuk diperkenalkan kepada bioskop. Pada usia ini otaknya sudah cukup berkembang sehingga bisa mencerna jalan cerita film yang sederhana. Balita usia 4 tahun juga sudah bisa duduk tenang selama kurang lebih 1 jam dengan pendengaran dan penglihatan yang sudah tidak terlalu sensitif lagi.

Hati-hati memilih film

Balita belajar dari apa yang ia lihat, oleh karena itu Moms harus berhati-hati dalam memilih film untuk ditonton. Sebelum pergi membeli tiket, sebaiknya cek dulu jalan cerita, rating, dan juga review dari sebuah judul film di internet. Hindari untuk mengajak Si kecil nonton film dengan tema yang negatif seperti kekerasan, bullying, menggunakan bahasa yang kasar, dan sebagainya.

Durasi yang sedang

Si kecil kecil biasanya sudah mulai tidak betah duduk dalam waktu yang lama setelah lewat dari waktu satu jam. Oleh karena itu pilihlah film si kecil yang durasinya tidak terlalu panjang ketika nonton di dalam bioskop. Atau jika memang filmnya belum selesai tapi si kecil sudah mulai bosan, Moms bisa membuatnya tenang dengan memberikan cemilan sehat kesukaannya agar ia bisa duduk tenang lebih lama lagi.

Melihat perilaku si kecil

Selain patokan usia, perhatikan juga kebiasaannya di rumah sebelum mengajaknya untuk menonton di bioskop. Apabila Si kecil bisa tenang ketika menonton acara tv favoritnya dan sulit untuk dialihkan perhatiannya maka mungkin ia juga akan berperilaku sama di dalam bioskop. Tapi ada juga si kecil yang sangat aktif sehingga sangat mudah untuk meninggalkan sesuatu yang menarik perhatiannya ke hal lain yang dianggapnya lebih menarik.