Deretan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Penderita Maag

Deretan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Penderita Maag

Moms pasti sadar bahwa untuk memenuhi nutrisi janin dan juga Moms yang sedang hamil dibutuhkan asupan makanan sehat yang cukup. Tapi seringkali karena perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan membuat Moms jadi mual dan hilang nafsu makan. Meskipun merasa mual dan nafsu makan menurun, jangan sampai mengabaikan pentingnya waktu makan Moms, apalagi kalau Moms adalah penderita sakit maag. Penyakit maag adalah penyakit yang sampai sekarang belum bisa disembuhkan total, hanya bisa dicegah agar tidak kambuh dan tambah parah. Salah satunya adalah dengan rutin dan disiplin makan saat sudah waktunya dan mengurangi makanan yang bersifat asam. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang pas untuk Moms yang kebetulan juga menderita sakit maag.

Brokoli

Sayuran hijau satu ini memang punya banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan sulfur dan kaliumnya berfungsi sebagai zat antioksidan yang membentuk lapisan pelindung di dinding lambung sehingga tidak terjadi tukak atau luka. Brokoli juga mengandung Vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh ibu hamil sehingga tidak terjadi infeksi bakteri yang menyebabkan kambuhnya sakit maag. Moms bisa mengkonsumsi brokoli dengan direbus, dijadikan sup, atau dijus.

Wortel

Kandungan pada sayuran wortel yang sangat berperan untuk kesehatan ibu hamil terutama untuk yang punya sakit maag adalah beta karoten. Beta karoten bekerja sebagai zat antioksidan yang meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga bakteri penyebab sakit maag tidak masuk ke dalam tubuh. Beta karoten juga akan membentuk lapisan pelindung pada dinding lambung Moms. Rajin-rajin mengkonsumsi wortel juga mengurangi janin mengalami masalah pada penglihatan ketika lahir nanti lho, Moms.

Pisang

Merasa lapar sebelum waktunya makan, Moms? Pisang bisa jadi cemilan yang enak dan lezat untuk mengganjal perut yang sudah minta diisi. Pisang sangat baik untuk penderita maag karena kandungan kaliumnya bisa menurunkan level asam lambung sehingga pisang juga baik dikonsumsi beberapa saat sebelum makan berat. Kandungan potassium pada pisang juga bisa menjaga tekanan darah Moms, lho. Ibu hamil memang rentan mengalami tekanan darah tinggi.

Kubis

Satu lagi makanan yang baik untuk ibu hamil penderita maag yaitu kubis atau kol. Kandungan nutrisinya akan menjadikan sel-sel di dinding lambung jadi lebih sehat sehingga tidak mudah terluka dan bisa lebih cepat sembuh apabila terluka karena asam lambung yang tinggi.