Dads, Ini Lho Peran Suami di Ruang Persalinan

Merries Insight
14 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Dads, Ini Lho Peran Suami di Ruang Persalinan

Ketika Moms akan melahirkan maka ada juga peran Dads saat persalinan yang harus diperhatikan. Sebab proses melahirkan ini adalah suatu masa yang sangat berharga dalam kehidupan Dads dan Moms dalam menanti kehadiran bayi ke dunia. Lalu apakah peran Dads ketika Moms akan melahirkan?

Dads, saat proses persalinan adalah suatu perjuangan bagi Moms. Sehingga ada hal-hal yang dapat Dads lakukan untuk Moms saat persalinan. Dads harus selalu siaga untuk mendampingi Moms yang akan menghadapi persalinan karena hal ini sangat penting. Peran suami saat persalinan adalah mendampingi Moms untuk memberikan perhatian serta semangat agar rasa khawatir serta kecemasan dalam diri Moms sedikit berkurang.

Peran suami saat persalinan ada beberapa hal, berikut ini akan diuraikan 9 hal yang harus Dads lakukan selama proses persalinan.

Dads harus fokus pada kebutuhan Moms

Dads, bagi seorang wanita yang hendak melahirkan yang dibutuhkan adalah dukungan dari suaminya. Maka dari peran suami saat persalinan mendampingi istri adalah hal yang utama. Karena dukungan moril sangat dibutuhkan walau hanya dengan sentuhan dan genggaman erat Dads ketika persalinan itu akan sangat bermakna. Perhatikan setiap kebutuhannya menjelang persalinan, Dads.

Berada di samping Moms

Dads, keberadaan Dads di samping Moms selama persalinan akan membuat Moms merasakan suatu kekuatan dan dukungan yang luar biasa. Maka dari itu dampingi Moms selalu ya, Dads. Persalinan juga akan memakan waktu yang lama Dads, berjam-jam bahkan hingga waktu seharian.

Memberikan sentuhan serta pijatan pada Moms

Memberikan sentuhan serta pijatan pada sang istri adalah hal yang dapat Dads lakukan saat persalinan. Dengan memijat lembut punggung istri Dads akan membuat Moms akan merasakan kenyamanan dan mengurangi rasa cemas yang sedang dialami istri saat persalinan. Dengan peran suami saat persalinan seperti ini akan membuat istri Dads merasa lebih tenang.

Membantu mengelap peluh istri

Ketika proses persalinan normal, biasanya Moms akan memerlukan tenaga ekstra untuk mendorong bayi keluar dari kandungan. Peran suami saat persalinan dapat dengan menyeka peluh pada dahi dan wajah Moms. Dads juga dapat membantu menyingkirkan helaian rambut Moms saat persalinan, terus memberi Moms dengan kalimat semangat selama persalinan.

Membantu membersihkan

Selama persalinan berlangsung, Dads dapat membantu membersihkan tubuh Moms. Sebab biasanya ketika proses persalinan, terkadang kotoran dalam tubuh turut keluar. Dads sebaiknya tidak pergi ketika hal itu terjadi karena hal itu wajar terjadi Dads.

Membantu menenangkan

Peran Dads yang paling penting adalah dapat bersikap tenang saat persalinan. Hal ini penting untuk Moms, Dads. Meskipun Dads sendiri sebenarnya merasakan khawatir. Namun, sikap Dads yang tenang dan memberikan terus semangat akan membantu Moms mampu menjalani persalinan dengan lancar. Peran suami saat persalinan benar-benar dibutuhkan karena sebagai penyemangat Moms menjalani momen paling berharga dalam hidupnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Dads lakukan untuk memberikan peran Dads terhadap persalinan Moms. Hal ini begitu penting dalam hubungan Dads dengan Moms serta si kecil nantinya.