Cegah Kecemburuan Antara Kakak dan Adik

Cegah Kecemburuan Antara Kakak dan Adik

Persaingan antara adik dan kakak kerap terjadi, hal ini kebanyakan selalu dipicu akibat rasa cemburu mereka kepada sang adik yang dianggapnya lebih disayang oleh Moms. Mendidik anak agar tidak cemburu merupakan pekerjaan yang tidak mudah, akan tetapi ini bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Pada dasarnya, kecemburuan yang timbul dari si kakak biasanya dikarenakan si kakak sudah terbiasa menjadi anak tunggal dan sekarang tiba-tiba perhatian Moms terbagi karena adanya sang adik. Tentu saja setiap keluarga ingin adik dan kakaknya hidup berdampingan dan bisa rukun untuk saling mendukung.

Berikut beberapa langkah kecil yang bisa Moms lakukan untuk mencegah kecemburuan kakak kepada adiknya.

  • Biasakan mereka untuk saling menyapa satu sama lain, biasakan mereka untuk saling mengucapkan selamat malam dan selamat tidur ketika menjelang waktunya tidur.
  • Ajak si kakak untuk mengasuh adiknya dan ajari mereka untuk terbiasa berbagi. Kebiasaan melakukan kegiatan bersama akan menumbuhkan rasa saling sayang antara mereka.
  • Libatkan si kakak untuk membantu adiknya, misalnya ketika adiknya akan diajak berbelanja atau berlibur bersama keluarga.
  • Berikanlah si kakak pujian jika dia telah berbuat baik kepada adiknya, dan sebaliknya. Berikan pujian jika si adik telah berbuat baik kepada kakaknya. Dengan begitu si kakak atau si adik akan merasa dihargai dan ingin terus menjaga satu sama lain.
  • Ceritakanlah kisah si kakak waktu dia masih seumuran adiknya. Dengan cara menceritakan kisahnya, dia akan merasa sangat dihargai dan dia tahu bahwa dia lebih dulu disayangi daripada adiknya, perasaan itulah yang akan membuat si kakak akan sayang pada adiknya dan menghindarkan rasa cemburu.
  • Jangan pernah membanding-bandingkan anak-anak Moms, baik itu dari yang anak pertama sampai adiknya, Moms harus tahu bahwa setiap anak itu unik dan mempunyai karakter tersendiri.
  • Jika ada orang lain yang ternyata membandingkan dan memuji adiknya, segeralah puji si kakak dengan kelebihan yang dia miliki, jangan sampai si kakak merasa tersisih dengan pujian orang lain kepada adiknya tersebut. Begitu pun sebaliknya.
  • Jangan membentak atau memarahi kakaknya ketika mereka bertengkar, jangan pula memaksa sang kakak untuk selalu mengalah kepada adiknya ketika si kakak tidak mau mengalah. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya Moms memanggil mereka berdua dan alihkan perhatian mereka dengan hal yang lain supaya pertengkaran ini tidak terus terjadi.