Cegah Bayi Menggelinding dari Kasur dengan Trik Sederhana Ini!

Cegah Bayi Menggelinding dari Kasur dengan Trik Sederhana Ini!

Peristiwa bayi menggelinding atau jatuh dari tempat tidur sepertinya sering terjadi. Biasanya hal ini terjadi ketika si kecil sudah dapat bergerak misalnya saat ia berusia 4 sampai 5 bulan di mana ia sudah mampu tengkurap atau berusia 8 sampai 9 bulan ketika sudah dapat merangkak.

Selain karena faktor gerak, faktor keseimbangan tubuh juga merupakan salah satu penyebab si kecil mudah jatuh dari kasur. Langkah awal untuk mencegah si kecil terjatuh adalah selalu bersikap waspada. Si kecil Moms mungkin masih berusia 2 bulan dan belum bergerak aktif atau sedang dibedong. Namun mungkin saja kakaknya tanpa sengaja menarik kain alasnya dan menyebabkan si kecil menggelinding dari kasur. Untuk mencegah hal buruk ini, berikut ini adalah beberapa cara sederhana dan mudah yang dapat Moms lakukan.

Jangan Meninggalkan Si Kecil Sendirian

Ketika Moms terpaksa meninggalkan si kecil sebentar di kasur, jangan biarkan dia sendiri atau hanya dijaga oleh anak-anak. Si kecil harus dijaga orang dewasa. Mintalah tolong suami, saudara, atau pengasuhnya untuk menjaganya.

Letakkan Perlengkapan Bayi di Dekat Si Kecil

Letakkan perlengkapan si kecil sesuai jangkauan Moms baik itu kapas, popok, bedak, air pembersih, dan perlengkapan lainnya. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan si kecil terjatuh karena ditinggal mengambil popok atau bedak. Atau Moms dapat mengganti popok si kecil di meja khusus ganti yang biasanya dilengkapi dengan pagar pengaman.

Menempatkan Bayi di Boks

Sebagian orangtua mengajak buah hatinya tidur bersama di ranjang orang dewasa. Padahal bayi idealnya tidur di dalam boks khusus bayi. Cara ini sangat membantu untuk mencegah si kecil jatuh dari kasur. Jika Moms memang ingin dekat dengan si kecil, cukup dekatkan boks bayi di tempat tidur Moms.

Bayi Tidur di Sharing Bed Jangan Menghadap Tembok

Jika terpaksa Moms tidur bersama si kecil di kasur biasa atau sharing bed, usahakan si kecil tidak menghadap tembok. Posisi tersebut dapat menyebabkan si kecil menyusup ke tembok dan kesulitan bernafas. Usahakan si kecil tidak tidur di antara kedua orangtuanya. Si kecil sebaiknya di posisi paling depan kemudian disusul Moms. Posisi Moms sebaiknya agak meringkuk sehingga bagian atas si kecil tertahan tangan Moms sedangkan bagian bawahnya tertahan oleh paha Moms. Bila perlu, tambahkan pagar pembatas pada tempat tidur yang digunakan.

Cara yang paling aman supaya si kecil terhindar dari resiko menggelinding dari kasur adalah selalu memegangnya. Jangan anggap dia belum bisa apa-apa. Selain itu jangan tinggalkan si kecil seorang diri di kasur walaupun area tersebut sudah dikelilingi bantal.