Cara Terbaik Mendidik Anak Adalah dengan Cinta

Merries Insight
24 Oktober 2015
Umum
Share
Cara Terbaik Mendidik Anak Adalah dengan Cinta

Dads, peribahasa mengatakan, seganas-ganasnya macan, mereka tidak mungkin akan memangsa anaknya sendiri. Peribahasa ini tidaklah berlebihan, karena semua orang tua pasti mencintai anaknya, meskipun dia seorang penjahat paling bengis di dunia.

Tapi sayangnya, banyak orang tua yang masih kaku dan sulit mengekspresikan rasa cinta mereka kepada anak-anaknya. Padahal, menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang kepada anak, tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan diri si kecil saja, tapi menunjukkan rasa cinta kepada si kecil merupakan bagian dari pendidikan.

Berdasarkan penelitian di Inggris, seperti dilansir dalam Daily Mail, menyatakan jika anak-anak yang tumbuh dengan pola asuh penuh cinta, cenderung memiliki kepercayaan diri, tidak mudah stres, berprestasi secara akademik dan memiliki mental yang tangguh.

Bagaimana cara menunjukkan rasa cinta kepada si kecil?

Banyak cara untuk bisa menunjukkan rasa cinta Dads and Moms kepada si kecil, salah satunya dengan mengekspresikan rasa cinta ini lewat kata-kata. Dengan kalimat Dads, sayang kamu, si kecil akan tahu jika anda sedang menunjukkan rasa cintanya kepada mereka.

Selain itu, ketika si kecil pulang sekolah, tanya apa yang mereka pelajar di sekolah, dengan siapa mereka bermain, bagaimana dengan teman-temannya dan pertanyaan lainnya. Dengan begitu, mereka akan mengerti jika anda sedang menunjukkan perhatian sebagai orang tua.

Dengan bertanya apa saja yang dipelajarinya di sekolah, si kecil akan berusaha mengingat apa saja yang dipelajarinya, untuk kembali menjelaskannya kepada anda. Secara tidak langsung, kegiatan ini seperti hafalan atau ujian bagi si kecil, tapi tanpa intensitas dan tekanan harus mendapatkan nilai sempurna.

Ketika ada kesempatan sedang bersama, dudukkan mereka di pangkuan anda, kemudian berikan sentuhan dan belaian kepada mereka. Sentuhan penuh kasih sayang ini akan memberikan rasa aman dan ketenangan kepada di kecil. Lewat sentuhan, si kecil akan merasakan nikmatnya memiliki orang tua.

Secara tidak langsung, ini mengajarkan kepada mereka untuk selalu bersyukur. Banyak di luar sana, anak-anak seumuran si kecil yang tidak bisa mendapatkan sentuhan kasih sayang orang tuanya karena sudah meninggal, tempat kerja orang tuanya yang jauh dan lainnya.

Dads, dengan cara-cara di atas, si kecil tidak hanya merasa mendapatkan kasih sayang yang tulus dari orang tuanya, lebih dari itu, mereka akan mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang kehidupan.