Cara Menerangkan Biologi Tubuh Pada Anak Perempuan

Merries Insight
02 Januari 2016
Umum
Share
Cara Menerangkan Biologi Tubuh Pada Anak Perempuan

Bagian biologi tubuh atau seringkali disebut sebagai anatomi tubuh adalah hal yang penting untuk diketahui oleh si kecil. Dengan mengetahui biologi tubuhnya sendiri, si kecil akan tahu untuk nama organ tersebut dan kegunaannya.

Akan tetapi, menerangkan biologi tubuh pada si kecil bukanlah perkara mudah. Apalagi bagi para Dads yang ingin mengajarkan anak perempuannya. Dads perlu sangat berhati-hati karena ada bagian tubuh perempuan yang tidak semuanya harus ia ketahui.

Tanyakan padanya tentang tubuh mereka

Menerangkan biologi tubuh pada si kecil sudah dapat dilakukan ketika ia mulai bisa bicara. Dads bisa menanyakan anggota tubuh mereka yang sederhana. Dads bisa memulainya dari anggota gerak, mata, hidung, rambut dan mulut.

Akan tetapi, Dads tak boleh berlebihan menanyainya karena si kecil sangat mudah bosan dan akan berhenti mendengarkan ketika ia memang tak mau melakukannya.

Jawab pertanyaannya tanpa emosi

Saat memasuki usia sekolah seringkali si kecil akan bertanya fungsi ini itu, tak terkecuali fungsi bagian tubuh yang dimilikinya. Saat si kecil mengajukan pertanyaan seperti ini Dads harus memanfaatkannya untuk menerangkan biologi tubuh pada anak. Dads harus menjawab semua pertanyaannya dengan kata-kata sederhana.

Mungkin juga si kecil akan bertanya tentang organ-organ sensitifnya, misal payudara atau organ vitalnya. Saat seperti ini, Dads harus menjelaskan apa nama organ tersebut dan katakan padanya bahwa ia tak boleh mengucap nama bagian tubuh sensitif tersebut di depan umum.

Apa yang boleh dan apa yang tak boleh disentuh orang lain

Menerangkan biologi tubuh pada si kecil juga harus dibarengi pengetahuan tentang bagian mana yang boleh disentuh dan mana yang tidak. Pembelajaran ini ditujukan agar si kecil tahu wilayah privasi di tubuhnya. Katakan padanya bahwa organ vital dan payudara tak boleh disentuh siapapun, baik itu teman maupun keluarga dekatnya.

Perbedaan laki-laki dan perempuan

Saat memasuki usia sekolah (sekitar 5-6 tahun), si kecil akan mulai menyadari perbedaan dirinya dengan seorang laki-laki. Dan ketika memasuki usia 9 hingga 10 tahun ia akan lebih berani lagi mengutarakan rasa keingintahuan terhadap perbedaan tersebut.

Biasanya, si kecil akan mulai bertanya “mengapa ibu memiliki payudara besar sedangkan ayah tidak?” Atau pertanyaan lainnya yang menjurus pada perbedaan laki-laki dan perempuan. Ini adalah bagian penting dari proses menerangkan biologi tubuh pada si kecil. Karenanya Dads harus tetap tenang dan menjawab dengan jujur karena di usia ini si kecil sudah harus mengetahui apa itu organ reproduksi dan apa fungsinya.

Selain menerangkan biologi tubuh pada si kecil dengan cara diatas, Dads juga harus mengajarkan pendidikan seks sejak dini agar anak dapat memanfaatkan anggota tubuhnya dengan benar sesuai aturan agama dan budaya.