Cara-Cara Cerdik untuk Mengapresiasi Karya Si Kecil

Merries Insight
21 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Cara-Cara Cerdik untuk Mengapresiasi Karya Si Kecil

Sebuah apresiasi yang diberikan oleh seorang ibu terhadap si kecil akan menjadikannya merasa senang dan dihargai. Tahukah Moms, bahwa dunia anak-anak merupakan dunia yang akan dihabiskan dengan mengekspresikan diri melalui berbagai hal. Jadi tidaklah mengherankan jika Moms akan mendapati si kecil yang selalu berusaha melakukan aktivitas bermain-main yang melibatkan daya imajinasinya.

Sebagai seorang ibu yang baik, tentunya Moms selalu menginginkan si kecil tumbuh menjadi sosok yang kreatif, cerdas maupun mandiri. Oleh sebab itu, kaitannya dengan cara mengapresiasikan karya si kecil, hendaknya Moms selalu berusaha untuk memuji setiap karya yang dihasilkan oleh si kecil tersebut. Hal semacam ini bisa dikatakan Moms telah memberikan sebuah sumbangan kecil yang mana hal ini tentunya akan memicu perkembangan kreativitas si kecil dalam berekspresi. Dengan adanya hal ini, maka Moms harus memahami cara mengapresiasikan karya si kecil.

Dalam memberikan sebuah apresiasi terhadap si kecil, hendaknya Moms harus mencoba untuk meluangkan waktu sejenak di antara kesibukan yang melanda tiap hari. Ketika Moms melihat si si kecil sedang bermain-main dengan boneka ataupun mobil-mobilan kesayangannya, maka yang perlu Moms ketahui, bahwa si kecil sedang bermain dengan imajinasinya melalui seperangkat mainan tersebut.

Sedangkan cara mengapresiasikan karya si kecil bisa Moms lakukan dengan mencoba untuk mengajaknya menuangkan imajinasi yang ada dalam fikiran tersebut dengan menuangkannya dalam bentuk sebuah gambar. Tentunya, hal ini akan membuat si kecil tambah semangat dalam mengembangkan daya imajinasinya meskipun hasil akhir yang Moms akan lihat tidak sesempurna gambar anak yang berusia jauh di atasnya.

Harus Moms sadari bahwa saat itulah Moms bisa menerapkan cara mengapresiasikan karya si kecil dengan memberikan sebuah pujian ataupun dengan mencoba untuk menempelkan gambar yang dibuatnya di dinding. Hal kecil semacam itu akan membuat si kecil merasa dihargai dan secara tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan kemampuan motorik halus si kecil sebagai persiapan untuk belajar menulis. Akan tetapi, perlu Moms ketahui, bahwa dalam memberikan sebuah apresiasi.

Tentunya Moms jangan mendasarkannya pada sudut pandang Moms sendiri, meskipun karya yang dihasilkan berupa gambar yang tidak berwujud. Tetaplah untuk memberikan suatu penghargaan pada dia karena ketika Moms menggunakan sudut pandang Moms sendiri maka hilangnya kepercayaan diri pada si kecil sangatlah mungkin terjadi. Cara mengapresiasikan karya si kecil yang lain juga bisa Moms lakukan dengan mengumpulkan segala bentuk apresiasi yang si kecil ciptakan dalam sebuah album ataupun lainnya.

Mengetahui cara mengapresiasikan karya si kecil merupakan hal yang patut Moms ketahui kaitannya dalam perkembangan imajinasi maupun sistem motorik halus yang dimiliki oleh seorang anak. Pemberian apresiasi semacam ini tentunya akan membuat seorang akan tumbuh dengan kepercayaan diri di masa depan. Perlu diketahui juga, cara mengapresiasikan karya si kecil harus dilakukan melalui sudut pandang si kecil dan mencoba mengabaikan sudut pandang orang dewasa.