Cara Atasi Sikap Menjengkelkan yang Kerap Ditunjukan oleh Anak

Merries Insight
16 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Cara Atasi Sikap Menjengkelkan yang Kerap Ditunjukan oleh Anak

Moms pasti pernah menjumpai buah hati anda yang terkadang bersikap menjengkelkan. Misalnya, ketika sedang menghadiri acara keluarga, anak Moms tak mau lepas dari Moms atau ia tiba-tiba merengek tanpa sebab yang jelas. Selain Moms harus bersabar dan segera cari solusinya. Berikut alternatif cara menanganinya jika anak Moms:

Nempel terus tak mau pisah dengan Moms

Sama seperti anak yang sudah besar, anak kecil juga mempunyai tempramen yang berbeda-beda. Ada anak kecil yang mudah bersosialisasi dan ada juga yang sulit berinteraksi dengan orang-orang baru. Salah satu cara mengomunikasikan perasaan yang dirasakannya (perasaan tidak nyaman berada di tengah-tengah keramaian) adalah dengan ‘menempel’ terus pada ibunya. Dengan berada dekat dengan ibunya, ia akan merasa jauh lebih nyaman. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Yang jelas jangan paksa dia untuk menjauh. Sebaliknya, biarkan dia terus dekat dengan anda selama 10 menit dulu baru lepas pelan-pelan dan silahkan anda menjauh. Ketika sedang duduk, duduklah didekatnya. Ajak ia bicara dan bermain, tapi jangan dipeluk atau dipangku ya moms. Jika ia merasa sudah nyaman, perlahan-lahan anda menjauh, tapi masih dalam ruangan yang sama. Berkatalah, “Sebentar ya Nak, Ibu akan mengambil makanan sebentar. Nanti Ibu kesini lagi”.

Merengek

Stress rasanya ketika anak merengek minta dibelikan mainan, es krim, atau boneka ketika sedang asik jalan-jalan di mall. Anda tak perlu stress karena merengek adalah wujud rasa lelah dan frustasi yang dialami oleh anak anda. Bisa juga rengekan adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan perhatian sang ibu. Cara mengatasinya, sebaiknya jangan menuruti maunya karena dengan menurutinya ia akan semakin yakin bahwa hanya dengan merengek ia akan dengan mudah mendapatkan apa yang diinginkannya. Cukup ucapkan, “memang Ibu senang kalau adek merengek begitu? Kan adek bisa minta dengan cara yang baik.”

Mengadu

Bila si kecil suka mengadu, dengarkan aduannya. Jika tidak ada yang terluka atau sesuatu yang serius menimpa si kecil, katakan padanya, “Nanti biar Ibu yang mengurusnya ya Nak”.