Bolehkah Membawa Bayi Baru Lahir Keluar Rumah?

Merries Insight
26 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
Bolehkah Membawa Bayi Baru Lahir Keluar Rumah?

Banyak yang mengatakan bahwa bayi yang baru lahir belum boleh keluar rumah sampai ia berusia 40 hari. Sebenarnya anggapan ini ada benarnya juga karena bayi baru lahir kondisinya masih belum siap dengan dunia luar dan daya tahannya masih sangat rendah, bahkan ada banyak bayi mengalami kondisi kritis untuk mampu bertahan hidup pada awal kehidupannya setelah ia lahir. Kekhawatiran atas kesehatan bayi memang sah-sah saja, tetapi jangan sampai kekhawatiran ini berlebihan. Membawa bayi baru lahir keluar rumah boleh-boleh saja, namun ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan ketika berencana untuk membawa si kecil keluar rumah.

Hindari Tempat Ramai

Jika Moms ingin mengajak bayi keluar rumah walaupun usianya belum 40 hari jangan mengajaknya ke tempat yang ramai atau banyak orang seperti pasar, mall, atau tempat umum lainnya. Tempat yang terdapat banyak orang biasanya banyak bakteri atau virus yang beredar. Bayi baru lahir sangat rentan karena kekebalan tubuhnya belum optimal.

Pergi ke Tempat Penting

Bila hendak pergi, sebaiknya ajaklah bayi pergi ke tempat yang tujuannya memang penting seperti ke dokter atau tujuan lain dengan alasan penting yang lain.

Baju Bayi Nyaman

Hal penting lain yang wajib Moms perhatikan ketika membawa si kecil pergi keluar rumah adalah memastikan pakaian yang dikenakan bayi nyaman. Bila cuaca sedang dingin, si kecil dapat memakai sweater. Bila cuaca sedang panas, sebaiknya pakaian baju yang tidak terlalu tebal.

Bawa Payung

Pada saat cuaca di luar sedang terik, Moms dapat membawa payung dan memakaikan baju tipis pada si kecil.

Mengajak Bayi Sakit

Bila si kecil sedang sakit, pastikan Moms melindungi bayi dari debu dan paparan udara luar seperti melindungi bagian wajah bayi menggunakan selimut atau kain sehingga ia tidak akan terserang kuman.

Berjalan di Pekarangan Rumah

Bila Moms ingin mengajak si kecil keluar untuk sekedar menghirup udara segar, tidak perlu mengajak bayi baru lahir pergi jauh-jauh. Ajak si kecil duduk di halaman rumah atau berjalan–jalan di taman rumah.