Bisakah Bayi Belajar Lewat Lagu

Merries Insight
24 Januari 2015
Umum
Share
Bisakah Bayi Belajar Lewat Lagu

Bayi sudah belajar banyak hal sejak ia baru lahir, bahkan sejak masih berada di dalam kandungan. Berbagai hal dapat menjadi sarana ia belajar seperti suara, aktivitas orang di sekitarnya, dan masih banyak lagi. Tanpa Moms sadari, lewat lagu atau nyanyian, Moms sebenarnya dapat mengajarkan banyak hal baru kepada si kecil. Cara ini akan menjadi media belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Hal yang dipelajari oleh bayi dari lagu adalah bagaimana menyenangkannya bermain nada dan pola kalimat dari lirik lagu yang ia dengarkan. Bahkan lagu anak-anak kadang secara tidak langsung juga mengajarkan si kecil tentang berhitung misal lagu Satu Ditambah Satu, Balonku, Satu-satu Aku Sayang Ibu, dan masih banyak lagi.

Bagi para bayi, menyanyi kadang-kadang jauh lebih mudah dibandingkan berbicara, Jadi cobalah Moms memperkenalkan si kecil dengan beberapa lagu anak-anak yang akan membuatnya belajar mengenal dan mengingat kosa kata baru.

Agar lebih menyenangkan, Moms sebaiknya mencoba membawa alat peraga atau memperlihatkan kepada si kecil benda-benda yang ada dalam kata-kata pada lagu untuk membantu melatih bayi mengigat nama-nama benda dan kosa kata. Si kecil tentu akan bersemangat mengajak Moms menyanyikan lagu Bintang Kecil ketika melihat bintang-bintang bertaburan di langit pada malam hari.

Pada anak usia dini, pengenalan irama, nada, ritme, dan koordinasi gerak antar anggota tubuh juga dapat membantu mengembangkan kepekaan serta kemampuan logika matematika pada anak. Jadi Moms juga bisa melakukan kegiatan bernyanyi bersama si kecil sambil menepuk kursi atau paha untuk mengajarkan konsep irama dan ritme ini. Sebagai variasi, Moms dapat mencoba kegiatan tebak lagu.

Ada banyak lagu-lagu anak yang menarik dan mendidik untuk anak. Pada saat awal si kecil mendengar lagu, perdengarkan ia dengan lagu-lagu yang sederhana dan kata-katanya mudah diingat seperti lagu Pelangi, Dua Mata Saya, Topi Saya Bundar, dan lagu lainnya. Sebaiknya lagu yang diajarkan adalah lagu yang bisa diperagakan sehingga kegiatan menyanyi juga dapat membuat anggota tubuh lain ikut aktif bergerak.