Bingung Cara Menidurkan Si Kecil yang Masih Bayi? Cari Tahu Caranya Di Sini Moms!

Bingung Cara Menidurkan Si Kecil yang Masih Bayi? Cari Tahu Caranya Di Sini Moms!

Bagi Moms yang baru memiliki Si Kecil untuk pertama kali, mungkin akan kebingungan saat Moms ingin menidurkan Si Kecil kesayangan Moms ini. Tapi, tidak perlu khawatir. Berikut beberapa metode yang dapat digunakan agar Si Kecil dapat tidur cepat dan lelap.

Metode Ferberizing

Metode Ferberizing ditemukan oleh Richard Ferber. Dengan metode ini, Moms pada dasarnya membiarkan Si Kecil menangis terus. Namun, yang perlu diperhatikan disini adalah waktu Si Kecil menangis haruslah pada waktu dimana Si Kecil memang biasanya tidur. Moms harus mampu membuat jadwal atau suasana yang dapat membuat Si Kecil tidur pada jam tertentu di malam hari.

Jadi, saat Si Kecil menangis pada waktu ini, Moms tahu kapan harus memakai metode ini. Yang perlu diketahui juga, Moms harus peka terhadap tangisan Si Kecil. Si Kecil dapat saja menangis karena ada masalah seperti tersedak, yang tentunya harus segera ditangani.

Metode No Cry

Kebalikan dari Metode Ferberizing, Moms tidak membiarkan Si Kecil menangis. Moms harus mampu membuat kondisi yang nyaman untuk Si Kecil agar dapat lebih cepat dan mudah tertidur. Kontak fisik yang lembut, pemberian ASI dan memperdengarkan

Si Kecil dengan suara Moms yang lembut juga diperlukan disini agar Si Kecil dapat merasa nyaman, dan akhirnya tertidur. Akan lebih baik pula, bila Moms dapat tidur bersama dengan Si Kecil, untuk mempermudah melakukan metode ini. Yang perlu diperhatikan adalah keamanan ranjang, agar jangan sampai Si Kecil tertindih tubuh Moms.

Metode Long Good Bye

Metode ini cocok untuk Moms yang memang sangat sibuk, sehingga hanya mempunyai waktu yang pendek untuk menenangkan Si Kecil. Caranya adalah membiasakan Si Kecil berbaring di tempat tidurnya hingga tidur. Jangan terlalu sering digendong agar dapat ditinggal dalam waktu lama. Namun, bukan berarti Moms meninggalkan Si Kecil di tempat tidur begitu saja. Saat menangis, Moms dapat membiarkannya terlebih dahulu hingga tangisannya semakin keras, setelah itu baru Moms dapat menggendong untuk menenangkannya hingga tertidur.

Moms dapat melihat bahwa dalam metode yang disebutkan diatas, Si Kecil perlu dibiasakan agar metode tersebut dapat bekerja. Jadi, Moms tidak akan mendapatkan hasilnya dalam waktu cepat atau secara instan. Setidaknya membutuhkan waktu 1 minggu hingga 2 minggu, hingga Si Kecil terbiasa dan Moms dapat segera menidurkannya dengan cepat melalui salah satu metode tersebut.