Bikin Roti Tawar Kismis Sendiri Yuk

Merries Insight
15 Januari 2016
Umum
Share
Bikin Roti Tawar Kismis Sendiri Yuk

Roti tawar sudah menjadi hal biasa untuk kita, tapi ini roti tawar yang berbeda, Moms. Roti tawar ini sedikit lebih unik karena ada taburan kismisnya. Wah, pastinya tambah lezat rasanya. Dalam membuat roti memang tidak semudah kita membuat kue. Bila membuat roti tawar kismis kita harus bisa membuat takaran yang pas agar roti yang kita buat ini bisa mengembang.

Banyak roti yang diolah dengan berbagai varian yang berbeda. Ya, seperti halnya membuat roti tawar kismis ini yang menggunakan kismis sebagai taburannya atau bahkan kismisnya digunakan sebagai isi roti. Kismis rasanya memang sedikit agak asam dengan ukurannya yang kecil. Namun, nyatanya kismis ini banyak diminati. Kismis memang sangat cocok dipadukan dengan roti, rasa khas dari kismis bisa berpadu dengan lembutnya roti.

Menciptakan roti yang enak buat keluarga Moms tentunya bukan hal yang sulit Moms. Tidak ada salahnya Moms membuatkan roti tawar kismis untuk sajian keluarga Moms. Inilah beberapa bahan yang perlu Moms persiapkan untuk membuat roti tawar kismis yang spesial, diantaranya sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  1. 350gr tepung terigu.
  2. 8 gr ragi instant.
  3. 2sdm gula palem.
  4. 1sdm gula pasir.
  5. 1sdt bumbu spikuk (kayu manis bubuk ).
  6. 1 sdt garam.
  7. 50 gr butter.
  8. 1 telur.
  9. 185 ml susu segar.
  10. 50gr kismis.
  11. 25 gr buah kering.

Sedangkan untuk olesan roti tawar kismis Moms bisa menggunakan kuning telur. Nah, sekarang saatnya kita untuk membuat roti tawar kismis.

Cara membuat:

  1. Yang pertama hangatkan susu terlebih dahulu, campurlah dengan ragi instan dan juga gula putih . Kemudian aduklah hingga larut dan diamkan kurang lebih selama 7 menit.
  2. Campur rata tepung, gula palem, telur dan kayu manis . Kemudian tuangilah susu sedikit demi sedikit sambil diolesi hingga tercampur rata.
  3. Lalu masukkan butter dan garam. Olesilah hingga benar-benar kalis kurang lebih 15 menit lamanya.
  4. Tutup adonanya dengan plastik diamkan hingga 1 jam lamanya hingga adonan tersebut bisa mengembang 2x lipatnya.
  5. Setelah itu, Momspun bisa mengempiskan adonannya.
  6. Andapun bisa memasukkan kismis dan juga buah kering. Uleni hingga tercampur rata.
  7. Setelah itu bentuklah susun pada sebuah Loyang.
  8. Ada baiknya Moms mengolesi kuning telur sebelum Moms masukkan ke dalam oven.
  9. Diamkan kurang lebih 1 jam lamanya.
  10. Lalu oven dengan suhu 180° selama 40 menit.
  11. Setelah itu olesi mentega /madu selagi masih panas.

Sebenarnya mudah bukan cara membuatnya Moms? Asalkan kita mengetahui cara-caranya dan juga bahan yang kita butuhkan untuk membuat roti tawar kismis ini. Roti tawar kismis bukan sekedar roti tawar biasa karena adanya kismis yang siap menggoda kita untuk mencicipinya. Selamat mencoba, Moms!