Berikan Anak Contoh Bukan Hanya Teori

Merries Insight
22 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
Berikan Anak Contoh Bukan Hanya Teori

Anak cenderung meniru perilaku dari orang – orang di sekitarnya, khususnya orangtua. Biasanya jika anak berperilaku baik berarti ia dibesarkan oleh orangtua yang baik. Dalam mendidik anak, yang paling penting adalah Moms memberinya contoh bukan hanya sekedar teori. Misalnya saja Moms memberi anak teori untuk bertingkah laku sopan tetapi Moms tidak memberinya contoh maka anak tidak akan pernah tahu hal mana yang dikatakan sopan. Anak lebih mudah belajar dari sesuatu yang ia lihat. Pada usia balita, kebanyakan ia belajar secara visual atau dari sesuatu yang mereka lihat.

Memberi contoh akan memberikan hasil yang lebih cepat diserap pikiran anak dibandingkan Moms hanya memberinya kata – kata nasehat tanpa ada implementasi ke perbuatan Moms. Anak merupakan sosok peniru yang paling pintar. Dari kecil ia akan meniru perilaku orang – orang di sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan yang dapat Moms lakukan untuk mendidik anak.

Kedisiplinan

Mendidik supaya anak disiplin adalah dengan memberi contoh kedisiplinan. Jika Moms ingin anak bangun pukul 5 pagi, Moms harus memberi contoh dengan bangun sebelum pukul 5 supaya ia bisa melihat bahwa Moms melakukan kedisplinan yang sama dalam kehidupan sehari – hari.

Kemandirian

Mendidik anak mandiri berarti membiasakan anak melakukan semua pekerjaan sendiri dengan hasil yang baik. Moms dapat meminta anak membereskan semua perlengkapan sekolah untuk besok pagi mulai dari buku hingga perlengkapan pakaian. Moms juga harus melakukan hal yang sama misalnya dengan menyiapkan perlengkapan sendiri yang akan dibawa ke kantor besok.

Tanggung Jawab

Mendidik rasa tanggung jawab caranya dengan memberinya tugas yang setiap hari wajib ia lakukan misalnya membuang sampah setiap sore, menyapu rumah, dan lain-lain. Namun, Moms juga memiliki tugas lain yang wajib dilakukan sehingga anak akan melihat Moms melakukan tugas Moms sehingga anak akan bertanggung jawab menjalankan tugasnya.

Menghargai Orang Lain

Mendidik anak untuk menghargai orang lain adalah dengan memberikan contoh sebagai orang tua Moms juga menghargai orang lain. Misalnya, Moms menghargai si kecil sebagai anak, menghargai pendapat anak, dan menghargai apa yang Moms lakukan.

Sopan Santun

Anak otomatis akan memiliki sopan santun jika Moms juga memiliki sopan santun. Pasalnya, perilaku Moms yang dilihat oleh anak tiap hari itulah yang akan dicontoh. Jika Moms sopan, maka anak pun pasti sopan.

Itu tadi Moms berapa contoh perilaku yang dapat Moms lakukan untuk mendidik si kecil. Contoh tersebut tentu jauh lebih membantu anak belajar menjadi anak baik daripada Moms hanya memberinya teori – teori yang tidak ia pahami.