Benarkah Si Kecil yang Sering Bangun Pagi Daya Tahan Tubuhnya Lebih Kuat?

Benarkah Si Kecil yang Sering Bangun Pagi Daya Tahan Tubuhnya Lebih Kuat?

Apa sih hubungan Si kecil sering bangun pagi dengan daya tahan tubuh kuat? Kebiasaan bangun pagi memang mesti dikenalkan kepada Si kecil sejak dini. Apalagi bila Si kecil sudah mulai sekolah. Mengenalkan Si kecil untuk bangun pagi dapat melatih kedisiplinannya. Bukan hanya itu saja. Ternyata sering bangun pagi juga akan membentuk daya tahan tubuh Si kecil yang lebih kuat. Mengapa bisa begitu?

Bangun Pagi Tubuh Jadi Lebih Kuat

Saat bangun lebih awal, tubuh akan mendapat asupan oksigen lebih segar. Ringkasnya udara yang dihirup Si kecil lebih bersih dibanding waktu siang. Hal inilah yang memberi banyak manfaat bagi tubuh Si kecil. Sehingga tubuh Si kecil lebih mantap dan siap dalam memerangi serangan bermacam penyakit atau virus.

Tips Melatih Si Kecil Bangun Pagi

Sayangnya kebiasaan bangun pagi cukup sulit dibiasakan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Namun, sulit tidak lantas berarti mustahil. Kebiasaan baik dan sehat ini bila dikenalkan sejak usia dini akan jauh lebih mudah. Berikut ini juga diberikan beberapa tips agar Si kecil terbiasa bangun pagi.

  • Waktu Tidur Sesuai Kebutuhan

Setiap jenjang usia Si kecil memiliki kebutuhan waktu tidur berbeda. Untuk si kecil usia 5-10 membutuhkan kurang lebih 11 jam waktu tidur di malam hari. Karena itu, pastikan Si kecil tidak tidur larut malam agar bisa bangun pagi esok harinya.

  • Membangunkan Si Kecil dengan Kasih Sayang

Cara Moms membangunkan Si kecil turut menjadi penentu bagaimana pola tidurnya. Jangan pernah berharap Si kecil akan terbiasa bangun pagi bila Moms terbiasa berteriak atau malah mengejutkan. Adapun cara yang baik yaitu membangunkan dengan kasih sayang.

  • Memasang Alarm

Alarm dapat melatih Si kecil bangun dengan sendirinya tiap pagi. Sediakan alarm di meja dekat tempat tidur Si kecil. Agar Si kecil tertarik, pilih alarm yang berbentuk lucu dengan suara yang bisa diganti-ganti sesuai keinginannya.

  • Membuka Tirai Jendela

Membuka tirai jendela dan membiarkan sinar matahari menerangi kamar dapat membuat Si kecil bangun dengan sendirinya. Kebiasaan ini pun cukup efektif membuat tubuh Si kecil merasa segar karena terpapar sinar matahari pagi yang kaya manfaat.

  • Siapkan Sarapan Kesukaan Si Kecil

Cara mudah berikutnya yang bisa membuat Si kecil langsung bangun adalah dibuatkan makanan kesukaan. Aroma lezat makanan bisa pula merangsang otak manusia terbangun dari tidurnya yang lelap. Hal ini terjadi secara alami karena adanya dorongan dari alam bawah sadar.