Begini Cara Mendongkrak Rasa Percaya Diri Si Kecil

Merries Insight
20 Januari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Begini Cara Mendongkrak Rasa Percaya Diri Si Kecil

Dalam kaitannya tugas orang tua untuk mendidik anak, maka pengenalan terhadap kepribadian anak sangatlah penting untuk mengetahui sejauh mana tumbuh kembang si kecl. Menanggapi hal itu, tentunya Moms harus mulai menyadari kekurangan yang ada pada diri si kecil. Dalam kasusnya, beberapa anak ditemukan memiliki tingkat kepercayaan diri yang begitu lemah sehingga hal ini sangatlah berpengaruh terhadap perkembangannya di masa yang akan datang.

Dengan adanya permasalahan semacam ini, maka Moms harus berusaha mengetahui cara meningkatkan kepercayaan diri si kecil. Hal semacam ini juga diungkapkan oleh seorang Psikolog anak, Ine Indriani yang menyatakan bahwa ketika seorang anak kehilangan rasa percaya dirinya, maka orang tua harus berusaha mencari penyebabnya sehingga orang tua mampu meningkatkan kepercayaan diri melalui penanganan yang tepat yang berupa cara meningkatkan kepercayaan diri anak. Jangan pernah Moms membiarkan si kecil berada dalam ketidakpercayaan diri sampai dia tumbuh menjadi besar.

Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik saat anak membutuhkan tempat untuk bercerita. Meskipun Moms dalam keadaan sibuk, pastikan untuk tetap meluangkan waktu buat si kecil dengan mendengarkan segala cerita yang ingin dia sampaikan. Cara seperti ini akan membuat si kecil merasa berharga serta diperhatikan dan tentunya tidak akan menghilangkan kepercayaan diri yang telah dimilikinya.

Menunjukkan Sikap Menghargai

Selain itu, Moms juga bisa mencoba untuk menunjukkan sikap menghargai terhadap setiap tindakan yang dilakukan. Perlu diingat Moms, bahwa jangan pernah untuk memaksakan kehendak Moms sehingga si kecil harus menuruti semua hal yang Moms inginkan tanpa adanya kebebasan yang terkontrol.

Memberikan Kesempatan

Memberikan kesempatan bagi si kecil untuk membantu melakukan pekerjaan kecil bisa dijadikan alternatif cara meningkatkan kepercayaan diri si kecil juga, Moms. Dengan memberikan kesempatan semacam ini, maka Moms akan bisa melihat rasa bangga yang muncul pada diri si kecil karena berhasil membantu melakukan hal tertentu yang secara tidak langsung akan meningkatkan rasa percaya diri.

Membiarkan Si Kecil Mandiri

Moms juga bisa membiarkan si kecil untuk melakukan apa yang sudah bisa dia kerjakan dengan sendirinya. Karena dengan memberikan kesempatan semacam itu, maka dalam diri buah hati Moms akan tumbuh sikap percaya diri.

Beberapa cara meningkatkan kepercayaan diri si kecil di atas bisa Moms jadikan panduan ketika Moms menghadapi si kecil dalam keadaan krisis kepercayaan diri. Dengan meningkatkan rasa percaya diri pada si kecil, maka dia tidak akan tumbuh menjadi pribadi yang pemalu. Jadi, bisa dikatakan cara meningkatkan kepercayaan diri si kecil bisa dilakukan dengan memberikan perhatian padanya serta memberikan kebebasan yang terkontrol sehingga akan memiliki peluang untuk melakukan berbagai hal tanpa adanya rasa takut.