Begini Cara Agar Anak Suka Belajar

Merries Insight
06 Februari 2016
Tumbuh Kembang
Share
Begini Cara Agar Anak Suka Belajar

Memiliki anak yang giat belajar adalah hal yang membanggakan, terlebih jika si kecil mau belajar dengan sendirinya tanpa disuruh. Namun nyatanya, banyak sekali anak yang sulit diatur dan bahkan tak mau belajar sama sekali. Nah, jika Moms mengalami masalah yang sama, cara agar si kecil suka belajar berikut mungkin dapat menjadi solusi yang tepat.

Sesuaikan dengan minat si kecil

Sebagai seorang ibu, Moms harusnya tahu mata pelajaran seperti apa yang disukai si kecil. Pasti ada satu atau beberapa jenis pelajaran yang membuat si kecil enggan belajar. Jika menemui pelajaran yang tak disukai si kecil, hendaknya Moms tak memaksanya karena ia hanya akan mampu mempelajari hal yang sesuai dengan minat dan usianya.

Jelaskan kenapa si kecil harus belajar

Cara agar si kecil suka belajar yang kedua ini memerlukan kedekatan emosional antar Moms dan si kecil. Moms harus menjelaskan apa saja yang bisa dia lakukan jika mau giat belajar. Tak perlu menggunakan kata-kata yang rumit, cukup pancing dengan sesuatu yang ia sukai. Misal, jika ia suka bermain pesawat maka katakan padanya “kamu bisa lo jadi pilot kalau kamu giat belajar”. Kata-kata tersebut cukup untuk menjelaskan pentingnya belajar sekaligus memotivasinya untuk mencapai cita-cita.

Temani dan ajak si kecil diskusi

Cara agar si kecil suka belajar berikutnya adalah dengan menemaninya ketika belajar. Dalam hal ini, Moms harus menyediakan waktu khusus dan menemaninya mulai dari awal hingga belajar usai. Jawablah sebisa mungkin pertanyaan yang ia ajukan dan jangan lakukan aktivitas lain selama menemaninya belajar. Jika memungkinkan, ajak ia berdiskusi dan berikan pertanyaan-pertanyaan kecil yang memicu rasa keingintahuannya.

Buatlah suasana yang menyenangkan

Mempelajari sesuatu yang sulit adalah hal yang menyebalkan, begitu pula apa yang dirasakan oleh si kecil. Karenanya, menciptakan suasana menyenangkan bisa dijadikan salah satu cara agar ia suka belajar. Cobalah membuat permainan yang melibatkan angka dan kosa kata agar cara belajar lebih menarik dan menyenangkan.

Berikan hadiah

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa salah satu cara agar si kecil suka belajar adalah menciptakan suasana yang menyenangkan. Jadi, tak ada salahnya jika Moms memberikan hadiah sebagai apresiasi ketika ia mau belajar.

Pilih waktu yang tepat

Cara agar si kecil suka belajar yang terakhir adalah dengan memilih waktu belajar yang paling tepat. Setiap anak memiliki waktu belajarnya masing-masing. Ada anak yang memiliki semangat belajar selepas pulang sekolah, di sore hari dan ada pula yang hanya mau belajar di malam hari. Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk si kecil belajar, ada baiknya jika Moms mengganti-ganti waktu belajar dan amati di waktu mana si kecil paling semangat belajar. Ikuti minat dan bakat si kecil agar ia dapat berkembang menjadi orang yang sukses.