Bantu Si Kecil Lebih Bertanggung Jawab dengan Cara Ini!

Merries Insight
13 Mei 2016
Umum
Share
Bantu Si Kecil Lebih Bertanggung Jawab dengan Cara Ini!

Sudah sering dong melihat anak yang kerap melemparkan kesalahannya kepada anak lainnya? Atau seorang anak yang tidak mau mengerjakan PR? Sebagai orangtua, tentu anda tidak ingin memiliki anak yang tidak pernah mau tanggung jawab seperti mereka. Selain itu, makna tanggung jawab sendiri

Nah Moms, agar nantinya si kecil menjelma menjadi pribadi yang penuh tanggung jawab dan mampu menjadi sosok pemimpin yang sebenarnya, berikut merupakan cara untuk membantu si kecil agar lebih bertanggung jawab, seperti dilansir dalam mommiesdaily.

Beri Tanggung Jawab

Salah satu cara agar si kecil biasa bertanggung jawab adalah, dengan memberikan dia tanggung jawab. Dengan demikian, setiap tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, akan terasa biasa. Contoh, membiasakan si kecil untuk membersihkan kamarnya sendiri, belajar mengelola uang sendiri dan lainnya.

Biarkan Mengambil Keputusan

Untuk membiarkan si kecil mengambil keputusan memang terdengar dewasa banget. Tapi Moms, cara ini sebenarnya bisa kok ditumbuhkan sejak dini. Contoh, ketika membeli pakaian, biarkan dia memilihnya sendiri. Kalau masih belum mampu, berikan dia beberapa pilihan, dan biarkan dia memilihnya.

Berikan Tugas

Tanggung jawab selalu terkait dengan tugas. Makanya, biasakan si kecil untuk memikul beban tugas sejak dini. Contoh sederhana tugas yang bisa diberikan kepada si kecil adalah, biarkan dia berpakaian sendiri, membereskan tempat tidur, menyelesaikan PR dan lainnya.

Beri Contoh

Apa yang anda lakukan, itulah yang akan dilakukan si kecil. Dengan kata lain, anak merupakan bayangan dari sikap orangtuanya. Maka dari itu, berikan contoh bagaimana cara bertanggung jawab yang baik aga si kecil bisa meniru kebiasaan dan sikap positif anda ketika dewasa nanti.

Manfaatkan Buku

Coba baca-baca kembali buku cerita anak. Diantara semua itu, banyak sekali pesan moral yang disampaikan, termasuk pesan untuk selalu bertanggungjawab dengan tugasnya. Tapi ingat, biasakan temani si kecil ketika membaca buku, dan berikan penjelasan mana yang harus ditiru dan mana yang harus dijauhkan.

Selain itu, menumbuhkan tanggung jawab bisa diberikan lewat dukungan ketika si kecil berhadapan dengan situasi sulit menurutnya, menunjukan gambaran tanggung jawab yang lebih besar dan lainnya. Semoga dengan cara ini si kecil menjelma menjadi anak yang penuh dengan tanggung jawab.