Bangun Kedekatan dengan Si Kecil Sejak Bayi Itu Penting, Dads!

Merries Insight
12 Februari 2016
Umum
Share
Bangun Kedekatan dengan Si Kecil Sejak Bayi Itu Penting, Dads!

Moms memang memiliki peran yang paling dekat dengan si kecil. Mengingat bayi berada dalam kandungan Moms selama 9 bulan dan berlanjut hingga mengurus si kecil ketika telah lahir. Namun, bukan berarti Dads langsung bersikap acuh pada si kecil. Dads juga harusnya membangun kedekatan dengan si kecil, tak hanya saat si kecil sudah lahir ke dunia atau saat mereka sudah tumbuh besar. Membangun kedekatan dengan si kecil sejak masih dalam kandungan adalah hal penting yang harus Dads lakukan.

Memulainya sejak awal adalah suatu hal yang utama. Kedekatan antara Dads dan si kecil harusnya dibentuk sejak si kecil masih dalam kandungan. Meskipun si kecil tersebut masih dalam kandungan, namun mereka sudah dapat mendengar suara Dads yang terdengar. Sehingga si kecil akan merasa akrab saat lahir nanti dengan suara yang sudah dikenalnya sejak dalam kandungan. Membangun kedekatan dengan si kecil sejak dalam kandungan dapat Dads lakukan dengan mengajak si kecil dalam perut ibu berbicara, membacakannya bacaan yang manfaat serta Dads dapat melakukan banyak aktivitas dengan Moms.

Ketika Dads memberikan perhatian selama kehamilan Moms, kedekatan dengan si kecil juga akan terbentuk. Saat Dads siaga menemani istri memeriksakan kandungan, mempersiapkan keperluan selama kehamilan serta keperluan si kecil setelah lahir. Hal ini akan memberi pengaruh baik untuk psikis Moms, Dads. Moms akan merasakan perhatian Dads tersebut sebagai sebuah dukungan sehingga nanti saat si kecil lahir Moms akan senang untuk melibatkan Dads secara langsung dalam membesarkan si kecil. Inilah cara yang Dads lakukan untuk membangun kedekatan dengan anak sejak dalam kandungan.

Tidak hanya itu saja Dads, membangun kedekatan dengan si kecil dapat dilakukan dengan banyak melakukan pencarian informasi mengenai persalinan kepada saudara, rekan atau kerabat. Bagaimana menjadi seorang ayah baru saat bayi lahir? Banyak yang dapat Dads lakukan saat bayi sudah lahir seperti membantu Moms melakukan perawatan pada si kecil. Maka sebelum melakukan hal itu, Dads dapat mencari informasi dan bertanya pada perawat atau dokter mengenai cara merawat bayi.

Menjalin kerja sama dengan Moms adalah hal tepat yang harus Dads lakukan. Dengan melakukan kerja sama bersama Moms dalam merawat si kecil seperti memandikan, menggantikan popok, ataupun membuatkan susu buat si kecil. Dukungan dari Moms untuk Dads adalah hal yang utama. Seringnya kerja sama dengan Moms, Dads dapat membangun kedekatan dengan si kecil melalui aktivitas perawatan di rumah.

Selain itu, Dads dapat membangun kedekatan dengan si kecil ini melalui sentuhan. Sering terjadinya kontak fisik dengan si kecil, maka akan terbentuk ikatan yang kuat antara si kecil dengan Dads. Misalkan menggendong, menimang si kecil, memangku, menidurkan si kecil dan hal lain bersama si kecil. Dengan Dads bercerita dan membacakan dongeng untuk si kecil menjelang tidur, maka hal tersebut makin membangun kedekatan Dads dengannya.