Balance Antara Parenting Si Kecil dengan Rumah Tangga? Bisa!

Merries Insight
29 Maret 2016
Umum
Share
Balance Antara Parenting Si Kecil dengan Rumah Tangga? Bisa!

Menyeimbangkan waktu antara parenting Si kecil dan rumah tangga nyaris menjadi hal mustahil. Apalagi untuk Moms yang juga sibuk sebagai wanita karir. Tidak adanya keseimbangan dalam mengatur rumah tangga dan parenting Si kecil bisa memicu pada kegagalan. Terutama kegagalan dalam mendidik Si kecil. Tentu Moms tidak ingin masa depan Si kecil menjadi taruhannya lantaran tidak mendapat kasih sayang semestinya bukan.

Setiap orang mempunyai waktu yang sama, yaitu 24 jam. Adanya banyak tugas yang mesti dilakoni setiap hari, menuntut Moms mampu membagi waktu sebaik mungkin. Mulai dari memasak, memandikan Si kecil, membersihkan rumah, dan lain sebagainya. Meski sekilas terlihat sulit, namun dengan manajemen waktu yang cerdas yakinlah bawah Moms bisa melakukannya.

Membuat Jadwal Kegiatan

Dalam membuat jadwal kegiatan ini, pilihan bisa didasarkan pada 2 hal yaitu membatasi jumlah kegiatan yang mesti dilakukan dalam satu hari atau melakukan semuanya secara cepat dalam satu hari. Sebelum mengambil keputusan, Moms perlu mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai. Baik tujuan jangka panjang ataupun jangka pendek. Daftar beberapa hal yang mesti dilakukan. Bagi daftar kegiatan tersebut menurut skala perioritas.

Set Waktu Saat Melakukan Kegiatan

Berikan batas waktu untuk melakukan kegiatan. Misalnya 15 menit untuk menyapu rumah, 30 menit untuk membersihkan kamar mandi, 1 jam mengajak Si kecil belajar, dan sebagainya. Bila perlu pasang timer agar semua kegiatan bisa terorganisir baik. Mulai dan akhiri waktu sesuai jadwal yang sudah dibuat. Setelah selesai segera pindah ke kegiatan lain, tetapi jangan lupa berikan pula waktu untuk Moms istirahat.

Merancang Menu Masakan

Tidak hanya membuat daftar kegiatan, susun pula menu masakan. Moms bisa membuat menu untuk satu minggu, dengan demikian Moms bisa lebih cepat dan tidak binggung saat berbelanja di pasar atau supermarket. Susun menu masakan mudah dibuat dan membantu Moms agar tidak terlalu lama membuka buku resep.

Belajar Multitasking

Tidak ada salahnya pula bila Moms belajar multitasking alias melakukan 2 hal dalam 1 waktu. Misalnya Moms mencuci piring sembari menunggu masakan matang. Hal ini bisa membantu menghemat waktu.

Menyiapkan Segala Kebutuhan Untuk Pagi Hari di Malam Sebelumnya

Untuk kebutuhan Si kecil sekolah, Moms bisa menyicil menyiapkan baju, sepatu, dan buku pelajaran. Demikian pula dengan kebutuhan Dads. Siapkan semua kebutuhan yang dibutuhkan di esok harinya. Dengan demikian, Moms akan lebih siap menyambut hari baru bersama Dads dan Si kecil.