Bagaimana Sih Cara Bayi Berkomunikasi?

Merries Insight
24 Desember 2014
Umum
Share
Bagaimana Sih Cara Bayi Berkomunikasi?

Mungkin banyak yang mengira bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi melalui tangisan. Namun bagi anda para Moms, pastinya mengetahui bahwa bayi mampu berkomunikasi tak hanya lewat tangisan saja. Untuk menyampaikan apa yang dibutuhkan, bayi dapat menyampaikan melalui beberapa cara. Berikut cara-cara bayi berkomunikasi:

  • Menatap mata ibunya

Ketika anda menjumpai bayi anda sedang menatap, itu tandanya ia sedang berusaha untuk mengenali siapa yang ada di depannya. Sebaiknya apa yang perlu dilakukan ketika menjumpai moment seperti ini? Tatap balik dan tersenyumlah. Dengan tersenyum, ia nantinya akan menangkap keramahan yang anda berikan padanya.

  • Tersenyum

Pernahkah anda menjumpai bayi anda tersenyum saat sedang tidur? Jika iya tandanya ia merasa sangat nyaman. Biarkan ia tidur lelap.

  • Melenguh

Terkadang bayi mengeluarkan suara lenguhan. Bayi yang melenguh artinya ia sedang berusaha menarik perhatian anda untuk mengajaknya bermain. Apa sebaiknya respon yang diberikan? Hampiri dia dan tatap matanya. Jika anda tidak sibuk, ajaklah ia bermain. Pasti ia akan sangat senang.

  • Wajah cemberut

Wajah bayi yang cemberut menandakan bahwa ia sedang merasa tidak nyaman. Coba anda periksa popoknya. Mungkin ia merasa kurang nyaman dengan popoknya yang mungkin sudah penuh. Periksa juga tempat tidurnya, mungkin ada sesuatu yang membuat ia kurang nyaman. Cek juga kondisi kesehatannya. Bisa juga ia tak nyaman karena kurang sehat.

  • Menangis dengan posisi kaki menekuk

Menangis dengan posisi menekkukan kakinya umumnya terjadi ketika bayi sedang mengalami masa kolik. Untuk menanganinya, segera gendong bayi dengan posisi yang nyaman. Nyanyikan lagu nina bobo untuk menenengkannya hingga ia merasa tenang dengan sendirinya.

  • Kaki bayi menendang-nendang

Bila anda menjumpai bayi anda menangis sembari kakinya menendang-nendang tandanya ia sedang bosan atau tidak nyaman. Silahkan anda cek popoknya. Jika tidak ada masalah dengan popoknya, anda sebaiknya menggendongnya sembari mengajaknya jalan-jalan di sekitar rumah.

  • Menguap

Bayi yang sering menguap sudah pasti ia sedang mengantuk. Gendong dan timang-timanglah agar ia segera tidur. Atau solusi lainnya yaitu dengan menyusuinya dalam kondisi berbaring hingga ia tertidur dengan sendirinya.

  • Membuka-menutup mulut secara berulang-ulang

Cara komunikasi bayi yang sangat mudah ditebak selain menguap karena mengantuk adalah mulut bayi yang membuka-menutup berulang kali. Ini tandanya bayi anda lapar.