Bagaimana Cara Bebas dari Ancaman Kegemukan Saat Hamil?

Bagaimana Cara Bebas dari Ancaman Kegemukan Saat Hamil?

Saat kehamilan memasuki usia trimester kedua, biasanya Moms sudah tidak lagi mengalami mual dan muntah. Bahkan pada usia kehamilan ini nafsu makan ibu hamil cenderung meningkat. Sangat penting untuk memperhatikan pola makan teratur yakni makan 3 kali sehari dengan jumlah yang sesuai kebutuhan dan pada waktu yang sama setiap hari serta dengan sumber yang bervariasi dan komposisi seimbang.

Masukkan unsur – unsur makanan yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak. Sayuran dan buah – buahan juga wajib dikonsumsi karena kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Jangan lupa pula untuk cukup minum. Habiskan menu makanan yang sudah sewajarnya Moms konsumsi sehingga tidak ada lagi waktu untuk menikmati makanan – makanan camilan yang menyebabkan gemuk.

Perlu diketahui Moms, berat badan yang berlebih saat hamil dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi dan menyebabkan Moms kesulitan untuk menurunkannya lagi pasca persalinan. Nah supaya Moms dapat terhindar dari ancaman kegemukan saat hamil, cobalah beberapa tips berikut ini:

Jangan Lupa Sarapan

Walaupun Moms harus berangkat pagi – pagi menuju ke tempat kerja agar tidak terkena macet, bukan berarti Moms tidak sarapan. Melewatkan sarapan hanya akan membuat Moms kalap ketika makan siang. Bila waktunya memang sudah mepet, sebaiknya pilihlah menu sarapan yang praktis dan berserat contohnya semangkuk oatmeal yang dilengkapi dengan potongan buah pisang dan melon.

Makan Siang Lengkap

Lengkap di sini bukan berarti Moms makan dengan porsi yang banyak tetapi mengandung zat gizi yang lengkap. Makanan bergizi lengkap mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, dan protein. Jadi daripada Moms mengkonsumsi makan siang di warung makan pinggir jalan yang makanannya cenderung berminyak, sebaiknya Moms membawa bekal dari rumah. Selain itu, gantilah nasi putih dengan kentang.

Kurangi Minum Kopi

Bila Moms sebelum hamil terbiasa minum kopi di coffee shop favorit, sebaiknya kebiasaan ini mulai dikurangi selama hamil. Kandungan cafein pada kopi dapat beresiko menyempitkan pembuluh darah. Hal ini akan menghambat nutrisi ke janin serta bagian tubuh lain. Jadi sebaiknya perbanyak air putih.

Hindari Camilan Manis

Moms sebaiknya jangan lagi mengkonsumsi kue – kue manis atau cheese cake untuk camilan sore jika tidak ingin kandungan lemak dan gula meningkat saat hamil, Moms dapat mengganti comfort food dengan dark chocolate atau potongan buah segar yang kaya akan antioksidan.

Tetap Aktif Begerak

Kondisi perut yang kian membesar memang membuat Moms enggan untuk aktif bergerak. Padahal jika Moms hanya duduk, khususnya setelah makan, lemak yang ada di perut akan bertumpuk dan membuat Moms tetap gemuk setelah melahirkan. Cobalah untuk jogging dua kali seminggu minimal 30 menit. Ini pun sudah cukup membantu menjaga berat badan lho Moms.