Ayah yang Gemuk Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara Putrinya

Merries Insight
16 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
Ayah yang Gemuk Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara Putrinya

Moms punya suami yang berbadan gemuk. Mungkin, Moms harus berbicara dengan Dads dan merundingkan agar Dads bisa mengurangi berat badan. Kalau bisa, Dads dapat mencapai berat badan yang normal. Mengapa? Alasannya tidak hanya untuk kesehatan Dads saja, Moms. Dads yang berbadan gemuk juga akan dapat mempengaruhi kesehatan Si Kecil, loh! Hal ini juga sudah terbukti dengan penelitian ilmiah yang menemukan adanya resiko kanker payudara pada Si Kecil yang mempunyai Dads berbadan gemuk. Masalah kesehatan ini dapat muncul saat Si Kecil tumbuh dewasa.

Penelitian mengenai Dads gemuk yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara Si Kecil ini dilakukan oleh Georgetown University Medical Center. Berdasarkan penelitian dari institusi ini, ditemukan bila DNA sperma Dads yang berbadan gemuk dapat berubah. Masalah berat badan ini mempengaruhinya. Meskipun penelitian yang dilakukan ini saat ini masih dilakukan pada tikus laboratorium, tetapi menurut ahli yang tergabung dalam tim penelitian, hal ini dapat terjadi pada manusia.

Efek yang terjadi pada sperma pria ada pada bentuk microRNA (miRNA) atau regulator epigenetik ekspresi gen. Bagian ini yang bisa mengubah gen yang mempengaruhi pertumbuhan Si Kecil. Si Kecil yang lahir dari Dads bertubuh gemuk dan Moms bertubuh kurus, ada kemungkinan akan mengalami masalah obesitas. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan payudara Si Kecil, yang berimbas pada masalah kesehatan, salah satunya kanker payudara.

Menurut Dr. Sonia de Assis, salah satu peneliti yang tergabung dalam penelitian ini, miRNA ini yang dapat membawa informasi genetik Dads pada Si Kecil. Dan, bila Dads berbadan gemuk, informasi DNA badan gemuk ini dapat terbawa pada Si Kecil. Akibatnya, Si Kecil mempunyai kecenderungan untuk memiliki tubuh gemuk. Yang membuat miRNA ini mampu mewariskan karakteristik tubuh Dads yang gemuk karena miRNA mengatur insulin receptor signal. Insulin receptor signal ini mengatur bagaimana pengolahan insulin dalam tubuh Si Kecil. Saat tidak dapat bekerja dengan baik, maka penyerapan gula akan berlebihan yang membuat pelarutan lemak dalam tubuh Si Kecil juga terganggu. Akibatnya, Si Kecil menjadi kegemukan dan mengalami masalah obesitas. Alhasil, resiko terjadinya kanker payudara akan semakin membesar dengan kondisi ini.

Jadi, mulai sekarang, Dads dan juga Moms harus hidup sehat. Makan makanan sehat, rutin berolahraga dan istirahat yang cukup, demi masa depan Si Kecil. Jangan sampai, saat Si Kecil belum lahir, Si Kecil sudah harus berhadapan dengan masalah besar.