Apakah Pisang Baik Dikonsumsi oleh Bayi?

Merries Insight
02 Mei 2016
Umum
Share
Apakah Pisang Baik Dikonsumsi oleh Bayi?

Pisang merupakan salah satu kelompok buah-buahan yang baik dikonsumsi, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Apalagi untuk bayi, pisang memang sangat berkhasiat karena termasuk golongan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting Moms. Jadi, Moms dapat memberikan buah pisang ini kepada si kecil.

Namun, tidak sembarang pada semua umur bayi, ya Moms. Biasanya, para orang tua mulai memberikan pisang kepada bayi sejak umur 4-6 bulan, tetapi lebih dianjurkan untuk diberikan pada bayi yang telah berusia 6 bulan ke atas karena usia tersebut lebih dianjurkan oleh dokter dan para pakar. Jenis pisangnya pun seperti pisang ambon, pisang kepok hingga jenis pisang emas dan pisang susu.

Pisang bagi bayi akan memberikan kecukupan nilai gizi dari vitamin B6, Vitamin C dan Vitamin B2, Moms. Hal inilah yang membuat pisang menjadi salah satu makanan sehat yang sangat kompleks untuk kebutuhan gizi si kecil. Dalam buah pisang ini juga terdapat sejenis potasium dan serat yang sangat baik bagi tumbuh-kembang si kecil, Moms.

Pisang bagi bayi ini cukup berpengaruh positif lho Moms bagi si kecil, terdapat pula zat antioksidan yang mampu memberikan perlindungan terhadap usus agar tidak rusak dan melindungi dari penyakit maag. Dengan mengkonsumsi buah pisang, usus akan dibantu dalam menghasilkan lapisan lendir yang akan memudahkan usus dalam mencerna.

Pisang bagi bayi juga dapat memberikan asupan berupa kalium Moms. Kalium ini sangat berguna sekali dalam hal pengendalian tekanan darah agar menjadi lebih normal serta dapat memberikan efek positif bagi stabilitas jantungnya, Moms. Dari penelitian yang telah dilakukan, terdapat suatu fakta bahwa mereka yang mengkonsumsi pisang dan makanan yang memiliki kandungan kalium akan mempunyai tekanan darah yang tergolong stabil dan normal.

Sebelum Moms memberikan pisang pada bayi, akan jauh lebih baik jika sebelumnya Moms berkonsultasi dengan dokter anak agar Moms sendiri tidak was-was. Karena biasanya bagi Moms yang pertama memiliki momongan akan memiliki perasaan khawatir dan cemas jika memberikan suatu makanan tersebut. Demi menjaga agar perasaan tersebut tidak terjadi dan tetap mendapatkan pengarahan yang jelas, Moms dapat melakukan pencegahan dengan konsultasi terlebih dulu kepada dokter atau ahlinya.