Aneka Puree Buah Lezat untuk Si Kecil

Aneka Puree Buah Lezat untuk Si Kecil

Hai Moms, apakah Si kecil sudah mulai belajar makan? Bila ya, maka buah-buahan bisa menjadi salah satu bahan makanan sehat yang dikenalkan pertama kali kepada Si kecil. Tekstur buah yang lembut dan rasa manis pasti membuat Si kecil menyukainya dan gampang makan.

Buah-buahan direkomendasikan tidak hanya karena kaya nutrisi. Lebih dari itu. Buah-buahan segar juga mudah dicerna oleh lambung Si kecil yang tentunya belum berfungsi optimal. Adapun buah apel, pisang, alpukat kaya kandungan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk sumber energi dan kesehatan pencernaan Si kecil. Berikut ini diberikan aneka puree buah lezat yang bisa Moms sajikan untuk Si kecil yang baru belajar makan.

Puree Apel

Untuk membuat puree apel, Moms hanya perlu mencuci bersih buah apel, mengupas kulitnya, lalu memotong daging buah menjadi kecil. Supaya teksturnya lebih halus, rebus buah apel yang sudah dipotong. Ingin puree apel lebih creamy dan mengundang selera makan Si kecil? Moms bisa mencampurkan buah apel yang sudah direbus dengan sedikit air atau susu. Puree apel sangat baik bagi Si kecil. Karena dalam 100 gram apel terdapat 58 kkal kalori, 14,9 KH, 0,4 gram lemak, dan 0,3 gram protein. Dalam apel juga terdapat vitamin A, C, dan E yang bagus untuk daya imun Si kecil.

Puree Pisang

Buah bertekstur lembut dan wangi ini juga menjadi pilihan baik untuk Si kecil. Di dalam pisang terdapat kandungan kalium dan serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan Si kecil. Dalam 100 gram pisang terdapat 108 Kkal kalori, 23,4 gram karbohidrat, dan 0,8 gram lemak. Haluskan buah pisang menggunakan blender atau garpu. Agar tidak terlalu kental Moms bisa menambahkan sedikit ASI.

Puree Alpukat

Seperti halnya pisang, alpukat memiliki tekstur lembut. Buah alpukat kaya kandungan omega 3 yang efektif meningkatkan proses pembentukan otak Si kecil. Untuk membuat puree alpukat, Moms hanya perlu memotong daging buah alpukat lalu menghaluskannya. Agar teksturnya lebih creamy tambahkan susu. Perlu Moms tahu, di dalam 100 gram alpukat terdapat 85 Kkal kalori, 7,7 gram KH, 6,5 gram lemak, dan 0,9 gram protein.

Itulah beberapa resep puree buah yang bisa Moms coba. Bila Moms tidak ingin repot membuat puree buah untuk beberapa kali makan, Moms bisa membuat dalam prosi banyak lalu menyimpannya dalam wadah kedap udara. Dalam setiap wadah isi dengan porsi sekali makan. Jadi jangan menyimpan jumlah banyak dalam satu wadah. Hal ini agar tidak perlu membuka tutup wadah saat mengambilnya. Simpan di dalam lemari es dan usahakan habis tidak lebih dari 3 jam.