Anak Malas Mandi

Merries Insight
08 Oktober 2014
Umum
Share
Anak Malas Mandi

Apakah Moms sering mengalami saat di mana anak menolak saat diajak mandi? Moms, anak masih sangat suka dimandikan seperti saat ia masih bayi. Bahkan mereka juga masih sangat senang bermain air di kolam. Anak malas mandi biasanya disebabkan karena mandi merupakan sesuatu yang tidak menyenangkan sehingga seringkali Moms harus ‘kucing-kucingan’ dengan si kecil saat menyuruhnya mandi. Untuk mengatasi anak yang malas mandi, cobalah lakukan beberapa tips berikut ini.

Mengajak Bermain Air

Sebagai tahap awal mengajaknya mandi, Moms dapat mengajaknya main air lebih dulu sehingga anak tertarik dengan air. Ketika anak sudah terlanjur basah, mau tidak mau ia pun akan mandi seperti biasa. Pastikan kegiatan mandi menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk anak sehingga ia dengan senang hati akan mandi.

Membawa Mainan Kesukaan

Membujuk anak supaya lekas mandi memang bukan hal yang mudah. Supaya ia mau mandi, Moms dapat mengijinkan si kecil untuk membawa mainan kesukaannya saat mandi. Jadi sembari Moms memandikannya, si kecil akan sibuk dengan mainan kesayangannya. Namun, pastikan mainan yang dibawa mandi tersebut terbuat dari plastik atau karet sehingga tidak masalah jika terkena air.

Memandikan Mainan

Moms dapat meminta si kecil untuk memandikan mainan kesukaannya misalnya mobil – mobilan atau boneka karet kesayangannya. Nah saat anak memandikan, Moms dapat meminta si kecil untuk ikut mandi agar ia dan mainannya sama – sama bersih dan wangi.

Beri Pengertian

Anak sebenarnya sudah dapat diajak untuk berpikir logis. Beri penjelasan pada anak jika ia tidak mandi kuman – kuman akan menempel di tubuhnya dan menyebabkan ia sakit. Jika ia tidak mau sakit, maka ia harus segera mandi agar kuman tersebut pergi.

Menonton Video

Biarkan anak menonton video kartun dari tablet atau smartphone Moms saat ia dimandikan. Namun pastikan gadget Moms merupakan perangkat yang tahan air.

Ketika Moms mampu membuat aktivitas mandi menjadi hal yang menyenangkan, anak tentu tidak akan malas lagi untuk mandi. Kuncinya, Moms harus pandai membujuk dan mengkreasikan kegiatan mandi anak supaya menjadi sesuatu yang menyenangkan.