Akademis Memang Penting, Tapi Jangan Lupa Membangun Kecerdasan Emosional Si Kecil Ya Dads!

Akademis Memang Penting, Tapi Jangan Lupa Membangun Kecerdasan Emosional Si Kecil Ya Dads!

Selaku orang tua pasti akan merasa senang dan bangga jika Si Kecil mempunyai kecerdasan intelektual atau akademis. Dengan kecerdasan akademis ini Si Kecil pasti akan menjadi mudah menangkap pelajaran di sekolahnya dan mendapatkan prestasi selalu di sekolahnya. Meskipun begitu Dads, pahamilah jika kecerdasan emosional Si Kecil juga tidak kalah penting loh! Kecerdasan emosional berperan penting untuk dapat menyukseskan dan membentuk Si Kecil yang berhasil. Untuk itu Dads kecerdasan emosional Si Kecil harus diperhatikan mulai dari usia yang belia.

Pentingnya Kecerdasan Emosional Si Kecil

Banyak para orang tua yang menganggap remeh dalam membangun kecerdasan emosional Si Kecil dan lebih memfokuskan Si Kecil dalam meningkatkan kecerdasan intelektualnya. Jika kecerdasan emosional pada Si Kecil berada pada cara pemikiran yang salah maka seterusnya Si Kecil akan berpikiran yang buruk. Karena di usia Si Kecil mereka lebih menangkap dan mengingat semua kejadian yang dilihatnya. kecerdasan emosional pada Si Kecil juga akan terganggu jika Dads mendidiknya dengan cara yang salah. Para Dads dapat melihat kecerdasan emosional yang baik melalui beberapa hal berikut.

  1. Kemampuan Si Kecil dapat mengidentifikasi serta menentukan sebuah perasaan dan kemauan yang terdapat di dalam dirinya. Si Kecil akan lebih mampu mengontrol rasa marah, cemas, takut, bahagia, dan yang lainnya dan tidak mengungkapkan rasa yang dapat bersifat negatif misalnya melakukan perbuatan yang tidak patut.
  2. Si Kecil tidak akan mudah melukai perasaan orang lain dan dapat mengatur suasana hatinya.
  3. Si Kecil akan mempunyai jiwa kemandirian yang kuat.
  4. Si Kecil akan mempunyai rasa optimis dan dapat memberikan motivasi terhadap dirinya pada saat Si Kecil merasa down.
  5. Si Kecil akan lebih siap dalam menghadapi masalah yang dialaminya dan dapat menyelesaikan masalahnya secara baik.
  6. Si Kecil dapat mengungkapkan perasaan pada waktu yang memang benar-benar tepat diungkapkan kepada orang lain.
  7. Si Kecil akan mempunyai rasa empati serta berbagi kepada orang lain terlebih lagi bagi mereka yang membutuhkan.

Cara membangun kecerdasan emosional pada si kecil

Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan para Dads untuk dapat membangun kecerdasan emosional pada Si Kecil diantaranya sebagai berikut.

  1. Mengembangkan kasih sayang afirmasif

Hubungan yang baik antara Si Kecil dengan orang tua terutama dengan Dads akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri terhadap Si Kecil dan efek positif ini dapat berlangsung hingga lama. Dengan adanya rasa saling terbuka dan saling menyayangi antara Si Kecil dan Dads serta Moms akan menumbuhkan citra diri pada Si Kecil. Oleh sebabnya para Dads yang sibuk bekerja sebaiknya meluangkan waktunya sebentar secara rutin.

  1. Mendidik tata krama kepada Si Kecil

Antara tata krama dengan kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang sangat penting dan berkaitan dengan orang lain. Dimana dalam hal ini juga termasuk dalam bagaimana Si Kecil bersikap dengan orang yang lebih tua dan yang baru dikenalnya. Misalnya mengucapkan terima kasih jika seseorang telah melakukan kebaikan kepada Si Kecil dan menjabat tangan ketika baru pertama kali berkenalan dengan orang yang baru dikenalnya.

  1. Menumbuhkan rasa empati Si Kecil

Ketika Si Kecil memasuki Usia 6 tahun biasanya akan timbul rasa empati mereka dan akan terus bertambah ketika usianya menginjak 10 sampai dengan 12 tahun. Rasa empati tersebut timbul bukan hanya pada temannya saja tetapi juga pada yang belum dikenalnya.

  1. Mengajarkan kejujuran dan berpikir realistis

Memberikan kecerdasan emosional pada Si Kecil dapat Dads lakukan dengan cara mengajarkan kejujuran dan berpikir realistis. Misalnya jika Si Kecil ketahuan berbohong maka berikan nasehat agar tidak berbohong kembali. Jika dibiasakan berbohong maka hingga Si Kecil tumbuh besar akan melakukan hal tidak terpuji ini.