8 Nutrisi Penting Ini Wajib Dikonsumsi Saat Trimester Pertama!

8 Nutrisi Penting Ini Wajib Dikonsumsi Saat Trimester Pertama!

Pada saat awal kehamilan, Moms sebaiknya sudah mulai menjaga makanan yang hendak dikonsumsi. Memang tidak salah jika ibu hamil tidak memiliki pantangan makanan. Namun jika salah memilih makanan pada saat trimester pertama, hal ini dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin di awal masa kehamilan.

Oleh sebab itu, ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam rahim. Tidak hanya itu, perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil dalam 3 bulan pertama kehamilan juga dapat berpengaruh terhadap stamina dan sensitivitas ibu.

hamil dapat membuat daftar makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari dan baik untuk perkembangan janin. Berikut ini adalah daftar makanan tersebut.

Bayam

Sayuran hijau ini sangat mudah diperoleh dan harganya juga sangat terjangkau. Bayam mengandung kalsium, folat, dan zat besi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil. Mengkonsumsi bayam akan mendorong produksi darah yang lebih banyak sehingga mampu meningkatkan volume darah untuk disalurkan ke rahim. Jadi mengkonsumsi darah akan mencegah kekurangan darah selama hamil.

Asparagus

Ini adalah semacam sayuran yang mengandung banyak vitamin D yang digunakan untuk oleh tubuh untuk memproses kalsium. Asparagus sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena di dalam sayuran hijau ini terdapat kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sendiri sangat penting untuk ibu hamil di masa kehamilan. Aroma asparagus yang segar juga dapat mengatasi masalah morning sickenss di trimester pertama kehamilan.

Jeruk

Buah dengan rasa manis asam ini kaya akan vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Buah yang satu ini juga mengandung banyak asam folat untuk mencegah bayi lahir cacat.

Kacang Almond

Kacang – kacangan diketahui kaya akan protein, khususnya kacang almond. Almond selain tinggi protein dan vitamin E juga kaya asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak si kecil.

Brokoli

Sayuran ini sebaiknya juga dikonsumsi selama trimester pertama kehamilan. Brokoli akan memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil. Selain itu brokoli juga mengandung kalsium, asam folat, dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Telur

Makanan ini mengandung protein yang tinggi. Di dalam telur juga terkandung vitamin D dan kalsium yang diperlukan oleh tubuh, khususnya saat hamil.

Salmon

Ikan salmon telah dikenal luas memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Kandungan ini sangat penting untuk perkembangan otak.

Yoghurt

Yoghurt mengandung banyak protein, serat, dan vitamin D yang sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kandungan serat pada yoghurt juga membantu ibu hamil mengatasi susah buang air besar.