5 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Oleh Bayi

Merries Insight
28 April 2014
Umum
Share
5 Vitamin Penting yang Dibutuhkan Oleh Bayi

Pada dasarnya, vitamin dan juga nutrisi tambahan bukanlah hal yang sangat penting bagi kesehatan ketika bayi Moms memang sudah mengkonsumsi ASI, hal tersebut disebabkan karena segala nuturisi dan juga vitamin yang sangat dibutuhkan bayi sudah terkandung dalam ASI tersebut. Beberapa riset telah membuktikan bahwa vitamin dan nutrisi tambahan hanya dibutuhkan oleh bayi yang tidak diberi ASI.

Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Moms bisa memberikan vitamin dan nutrisi tambahan ini jika berat badan bayi Moms berada di bawah level yang normal. Berikut ini beberapa nutrisi dan vitamin yang memang sangat dibutuhkan oleh bayi yang memang tidak diberi ASI eksklusif atau mempunyai berat badan di bawah level normal.

Vitamin A

Vitamin A sangat bermanfaat dalam perkembangan mata bayi serta untuk memaksimalkan fungsi tubuh bayi yang lainnya. Vitamin A juga sangat berguna untuk membentuk perkembangan sistem kekebalan tubuh bayi serta mampu menopang kemampuan bayi dalam melihat dalam kondisi malam hari.

Vitamin B

Vitamin B banyak mengandung sub Vitamin yang dinamakan vitamin B kompleks dan dinilai sangat penting untuk perkembangan bayi Moms. Pemberian vitamin B kompleks ini bisa diawali ketika Moms mulai hamil. Pemberian vitamin B kompleks ini sangat bermanfaat bagi kesempurnaan perkembangan bayi dan dapat membantu menjaga kondisi tubuh.

Vitamin C

Beberapa ahli kesehatan biasa menyebut Vitamin C ini dengan Ascorbic acid yang sangat berguna bagi penyembuhan luka dalam, menjaga kolagen serta mampu menambah daya tahan terhadap serangan virus dan bakteri. Vitamin C ini mampu untuk melawan infeksi, menjaga kesehatan gigi gusi dan juga mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Vitamin D

Mengkonsumsi vitamin D sangat disarankan oleh The American Academy of Pediatrics sebanyak 200 IU setiap harinya dan semua kebutuhan ini ssebenarnya sudah dipenuhi secara lengkap dalam ASI. Dengan pemberian ASI, bayi Moms akan mendapatkan banyak vitamin D sebanyak 400 IU, dan jumlah tersebut sama dengan 33 ons jumlah vitamin D dalam susu formula.

Vitamin K

Suntikan vitamin K ini biasanya akan diberikan kepada bayi ketika dia baru lahir untuk pencegahan terjadinya perdarahan internal dalam tubuh bayi yang baru terlahir tersebut. Vitamin K sangat baik untuk menghentikan perdarahan serta mampu menjaga bayi dari kerusakan tubuh yang mungkin terjadi.

Vitamin E

Moms juga bisa memberikan suplemen vitamin E ini dalam bentuk pil ataupun dalam bentuk tetes, kegiatan ini juga dikenal sebagai Tocopherol. Untuk fungsinya, vitamin E berguna untuk membantu dalam pembentukan kekebalan tubuh bayi Moms.

Semua jenis vitamin di atas pada dasarnya sudah tersaji lengkap dalam ASI dan tentunya dengan dosis yang sudah diseimbangkan, jadi jika Moms selama ini memberikan ASI kepada bayi Moms, maka semua vitamin tambahan sudah tidak diperlukan lagi.