5 Tips Menjemur Bayi

Merries Insight
12 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
5 Tips Menjemur Bayi

Sinar matahari memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Menjemur bayi di pagi hari merupakan salah satu cara memberikan bayi kesempatan mendapatkan manfaat sinar matahari bagi kesehatan. Meskipun begitu ada beberapa anjuran yang patut diperhatikan oleh orang tua ketika menjemur bayi agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan bayi.

  1. Sebaiknya menjemur bayi sebelum pukul 8 pagi dengan durasi maksimal 15 menit agar sinar matahari belum terlalu terik bagi kulit bayi yang tipis.
  1. Sinar matahari yang menyilaukan juga dapat berdampak buruk bagi mata bayi, ada baiknya menjemur bayi dengan membelakangi matahari dan jika perlu menggunakan kacamata tabir surya untuk melindungi mata bayi.
  1. Moms harus benar – benar memperhatikan bayi ketika dijemur untuk menghindari resiko – resiko jika ternyata bayi mengalami hipersensitifivitas terhadap sinar matahari.
  1. Sebaiknya bayi dijemur dengan cara dipangku atau ditidurkan pada alas atau kasur.
  1. Usahakan sinar matahari mengenai kulit bayi secara merata, kenakan baju jika khawatir bayi mengalami kedinginan.

Untuk menghindari mengompol dan membuat baju moms yang memangku ataupun alas berjemur menjadi basah, Moms bisa memakaikan si kecil popok Merries. Bahan popok Merries yang lembut serta dapat memberikan sirkulasi udara bagi kulit akan membuat bayi tetap nyaman meskipun terpapar sinar matahari yang hangat. Ini merupakan cara praktis untuk menghindari bayi mengompol dan tetap memberikan kesempatan bagi hampir seluruh tubuh bayi untuk terpapar sinar matahari pagi yang memberi banyak manfaat.

Berikan ASI segera setelah bayi selesai dijemur karena bayi dapat merasa sangat haus akibat paparan sinar matahari. Pada dasarnya; tidak ada batasan usia bayi untuk menjemur bayi karena pada dasarnya sinar matahari pagi dapat memberi banyak manfaat bagi pertumbuhan tulang. Sedangkan pada bayi berumur kurang dari 1 minggu; berjemur dapat memberi manfaat khusus terkait dengan menurunkan kadar bilirubin. Sewaktu menjemur bayi, moms juga dapat melakukan beberapa kegiatan seperti membersihkan bagian – bagian tertentu dari bayi seperti telinga ataupun lipatan kulit. Kondisi luar ruangan yang terang akan memberi kesempatan melakukan kegiatan bersih – bersih menjadi lebih teliti.