5 Sayur dengan Kandungan Air Tinggi untuk Balita

Merries Insight
26 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
5 Sayur dengan Kandungan Air Tinggi untuk Balita

Balita cenderung susah jika harus minum air putih. Padahal dengan aktivitasnya sehari-hari yang sangat aktif dan sedang berkembang, ia tentu memerlukan asupan cairan yang cukup untuk tubuhnya agar tidak mengalami dehidrasi. Sebagai alternatif, Moms dapat memberikan sayuran yang banyak mengandung air. Sayur dengan kandungan air yang tinggi akan membantu menggantikan cairan tubuh anak sehingga ia bisa tetap aktif. Berikut ini adalah 5 sayuran yang dapat Moms pilih untuk si kecil.

Tomat

Tomat kecil atau tomat jenis cherry dapat menjadi cemilan yang sehat untuk anak – anak. Sayuran ini tidak hanya rendah kalori tetapi juga banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Dalam 100 gr tomat matang, terdapat sekitar 1500 IU vitamin A.

Mentimun

Ini adalah jenis sayur yang mengandung air paling banyak. Mengonsumsi sayuran ini akan terasa menyegarkan. Hal ini bukan hanya karena mentimun mengandung banyak air tetapi juga banyak mengandung mineral seperti potassium, magnesium, copper, dan mangan. Mentimun juga mengandung vitamin K dan vitamin C. Untuk memperoleh nutrisi terbaik dari sayuran ini, Moms dapat memilih mentimun yang warnanya masih hijau segar dan tidak kisut di bagiang pangkal dan ujungnya.

Bayam

Tidak ada salahnya Moms memperlihatkan kartun Popey agar si kecil menyukai bayam. Ketika bayam diolah menjadi sayur matang, bayam dapat menyumbang asupan cairan untuk anak. Bayam juga mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, lutein, serat, potassium, dan folat yang banyak bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan anak dan membantu proses pertumbuhannya.

Iceberg Lettuce

Sayuran yang kerap dimasukkan ke dalam salad ini terasa renyah dan garing. Moms dapat menyelipkan sayuran ini di dalam burger untuk memberikan asupan vitamin K, vitamin A, serat, dan folat untuk si kecil.

Wortel Mini

Wortel dengan ukuran mungil ini justru mempunyai kandungan air yang lebih banyak daripada wortel biasa atau yang berukuran besar. Kelebihan lain dari wortel mini adalah rasanya yang lebih renyah dan manis. Bentuknya yang kecil membuat sayuran ini dapat digenggam oleh anak dengan mudah dan dapat dijadikan sebagai camilan sehat.