5 Persiapan Penting Sebelum Anak Masuk TK

5 Persiapan Penting Sebelum Anak Masuk TK

Salah satu jenjang pendidikan anak yang paling penting adalah taman kanak-kanak atau TK. Sebelumnya, orang tua sangat perlu untuk mengenali kesiapan anak terlebih dahulu. Meskipun secara usia anak memang sudah memenuhi syarat untuk segera masuk TK, tapi masih banyak faktor yang perlu Moms pertimbangkan sebelum menyekolahkan anak di TK.

Di antara persiapan tersebut adalah perkembangan mental. Banyak penyebab anak tidak mampu untuk menangkap pelajaran dengan maksimal ketika mental mereka belum siap. Namun, jika kesiapan mental anak sudah dinilai siap, lakukan persiapan jangka panjang sebagai bentuk dukungan Moms kepada anak. Berikut ini beberapa hal yang dapat Moms persiapkan menjelang anak masuk TK.

1. Mendorong Kemampuan Dasar Anak

Kemampuan dasar anak ini sangat sederhana, akan tetapi perlu persiapan yang matang. Untuk itulah Moms harus membantu anak mengenali huruf, warna dan juga angka. Moms bisa menggunakan alat peraga yang sederhana dan tentunya menarik bagi anak-anak. selain itu, ajari juga anak Moms untuk memperkenalkan diri dengan mengucapkan nama, alamat dan nama orang tua serta pekerjaannya.

2. Membangun Kebiasaan Belajar

Kegiatan belajar di TK tidak sama dengan kegiatan belajar di SD. Untuk mempersiapkan anak masuk TK, mulailah dengan kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur. Moms juga harus mengajarkan anak bernyanyi sambil bermain dengan alat bersuara. Dengan cara ini akan membantu untuk lebih siap masuk TK.

3. Membatasi Waktu Menonton Televisi

TV dapat menjadi kesukaan anak, akan tetapi TV juga merupakan musuh utama perkembangan anak. Dengan cara mengurangi waktu menonton televisi setiap harinya maka anak bisa lebih memanfaatkan waktu untuk belajar sambil bermain di rumahnya sebagai cara untuk persiapan anak memasuki dunia sekolah.

4. Bantu Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan pelajaran mendasar sebelum anak masuk TK. Kemampuan bersosialisasi ini perlu dilatih sejak dini. Berikan dukungan kepadanya dan dorongan anak untuk mau bergaul bersama teman sebayanya, minimalnya di lingkungan Moms sendiri. Ajak anak untuk bermain bersama teman sebayanya supaya kemampuan bersosialisasi anak lebih terasah.

5. Ciptakan Rutinitas

Dunia anak akan berubah drastis begitu anak memasuki masa sekolah. Jika biasanya anak bebas bermain dan juga menggunakan waktunya sesuka hati, kini akan ada rutinitas baru yang harus dijalaninya setiap hari. Mulailah melatih rutinitas anak dengan membuat jadwal keseharian mereka, seperti bangun pagi, makan, tidur siang, atau waktu menonton TV.