5 Peran Dads dalam Kehidupan Si Kecil

5 Peran Dads dalam Kehidupan Si Kecil

Peran Dads dalam kehidupan si kecil tidak kalah pentingnya lho dengan peran Moms. Tidak hanya dari sisi materi, Dads juga turut memiliki peranan penting untuk mengembangkan kepribadian dan psikologi si kecil. Oleh sebab itu, tidak heran bila ada momen – momen di mana si kecil lebih mencari Dads daripada Moms.

Terdapat beberapa karakteristik Dads yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan seorang balita yang tidak sama dengan Moms. Hal ini pula yang menjadi alasan kenapa Dads harus semakin mempererat hubungan dengan si kecil. Lantas apa saja peran Dads dalam kehidupan balita? Berikut Ini adalah ulasan lengkapnya.

Menyelesaikan Masalah

Dads dapat menunjukkan kepada si kecil bahwa ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengambil keputusan dan mengajarkan si kecil menghadapi konsekuensi atas keputusan dan tindakannya. Bila balita mampu dan terbiasa mengambil keputusan secara tepat, tentu dia tidak akan menjadi pribadi yang agresif.

Teman Bermain

Dads adalah jagonya untuk urusan kegiatan fisik yang menguras banyak energi. Permainan fisik tak hanya dapat melatih koordinasi dan otot tetapi juga dapat digunakan untuk mengajarkan si kecil tentang aturan misalnya bermain secara bergantian, dan peraturan lainnya.

Pemandu atau Pembimbing

Dads dapat mengajarkan sikap dan perilaku yang baik, membantu si kecil membedakan mana yang benar dan salah, membiarkan ia merasakan dan mengalami konsekuensi atas perbuatan mereka, dan menjadi pelindung bagi mereka. Dads harus seimbang antara menyemangati si kecil dengan pujian ketika ia bersikap baik dan mengoreksi perbuatan yang kurang baik.

Fasilitator

Perlu diingat bahwa Dads juga memiliki tanggung jawab untuk mengasuh si kecil. Jika Dads hanya berperan sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah, Dads akan terjebak di dalam rutinitas kesibukan kerja dan tidak dapat mengembangkan diri. Misalnya Dads dapat mengajari si kecil belajar naik sepeda.

Menyiapkan Masa Depan Si Kecil

Dads harus ikut terlibat dalam menyiapkan si kecil menghadapi dunia luar termasuk menjadi pelindung baginya saat dibutuhkan. Dads juga menjadi motivator yang selalu memberikan semangat dan motivasi untuk si kecil agar semakin berkembang.

Kesimpulannya, Dads dapat menjadi sosok yang menyenangkan untuk si kecil. Hanya tinggal bagaimana Dads menempatkan diri sebagai ayah di mata si kecil. Jadi tidak ada lagi anggapan bahwa hanya Moms yang berperan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan balita. Dads juga ikut menjadi faktor penentu bagaimana masa depan si kecil nanti.