5 Manfaat Mengajak Si Kecil Membaca Sejak Bayi

Merries Insight
17 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
5 Manfaat Mengajak Si Kecil Membaca Sejak Bayi

Banyak orangtua yang memulai kebiasaan membaca kepada anak saat mereka akan masuk sekolah. Padahal, Moms dan Dads dapat menerapkannya sejak si Kecil masih berusia 3 bulan. Sekarang juga sudah tersedia banyak buku khusus balita, sehingga Moms dan Dads tidak kesulitan dalam mengajarkan si Kecil. Lantas, apa saja manfaat yang akan diperoleh si Kecil dari membaca? Simak penjelasannya di bawah ini.

Memupuk Percaya Diri

Moms dan Dads bisa membangun rasa percaya si Kecil lewat membaca. Sebab lewat kegiatan ini, si Kecil bisa mencari dan menggali potensi dirinya lebih dalam. Dengan begitu, si Kecil juga tidak akan kesulitan mengetahui hal-hal yang dia minati. Di sisi lain, Moms dan Dads tetap harus mengarahkan si Kecil dalam menggeluti potensinya tersebut. Sehingga, dia pun akan tampil lebih percaya diri bersama minat yang dikuasai sejak usia dini.

Fokus Terhadap Hal Kecil

Membaca dimulai dari tahap mengenal huruf-huruf. Dari sana, si Kecil sudah diperkenalkan dengan hal-hal kecil dan seiring berjalannya waktu, dia akan merangkai huruf tadi menjadi susunan kata. Hasilnya, si Kecil bukan hanya sanggup membaca sebelum masuk sekolah, tetapi juga lebih fokus pada hal-hal detail di sekitarnya. Secara tidak langsung, Moms dan Dads sudah melatihnya untuk peka terhadap lingkungan maupun orang lain.

Tidak Cepat Merasa Bosan

Sebagian orang menganggap kalau membaca adalah kegiatan membosankan. Padahal, aktivitas ini bisa meningkatkan rasa penasaran si Kecil terhadap banyak hal. Semakin banyak yang dia baca, semakin tinggi pula rasa ingin tahunya. Selain itu, membaca juga membutuhkan kesabaran serta ketekunan yang cukup panjang. Sehingga dari usia dini, si Kecil sudah mempunyai tingkat perhatian yang cukup panjang dan daya analisis kuat saat sudah dewasa nanti.

Mengenal Banyak Kosakata

Bukan rahasia lagi kalau membaca akan memperkaya kosakata. Hal ini juga berlaku kalau Moms dan Dads memperkenalkan buku kepada si Kecil sebelum dia masuk sekolah. Namun, seperti yang sudah disebutkan, Moms dan Dads harus sabar dalam mengajarkan si Kecil membaca. Jika dia sudah gemar membaca, maka level bacaannya pun semakin tinggi. Kemudian selain kosakata, struktur bahasa serta kalimat si Kecil pun akan menjadi lebih baik.

Mempunyai Pengetahuan Luas

Buku adalah jendela dunia. Moms dan Dads bisa mengenalkan banyak hal kepada si Kecil lewat buku. Misalnya binatang, tumbuhan, hingga benda-benda yang ada di rumah. Deskripsi yang ada di dalam buku pun membantunya dalam mengenal warna atau bentuk dari objek yang sedang diceritakan. Jika si Kecil terus menerapkan kebiasaan ini sampai dewasa, maka dia pun akan mempunyai pengetahuan yang amat luas.