5 Kandungan ASI yang Bisa Mencerdaskan dan Menyehatkan Si Kecil

Merries Insight
21 September 2016
Tumbuh Kembang
Share
5 Kandungan ASI yang Bisa Mencerdaskan dan Menyehatkan Si Kecil

Manfaat ASI sebagai nutrisi terbaik untuk bayi memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Di dalam ASI terdapat beberapa kandungan yang menyimpan banyak manfaat untuk buah hati Moms.

Protein

Kandungan protein yang terdapat di dalam ASI tergolong cukup tinggi. Selain itu komposisinya tidak sama dengan protein yang ada di dalam susu sapi. Protein di dalam ASI dan susu sapi merupakan protein whey dan kasein. Namun komposisi protein whey di dalam ASI lebih banyak sehingga lebih mudah diserap usus bayi. Sebaliknya komposisi protein kasein pada susu sapi lebih banyak. Padahal protein tersebut lebih sulit dicerna usus bayi.

Kualitas protein pada ASI juga lebih baik daripada susu sapi yang terlihat dari kandungan asam amino. ASI memiliki asam amino yang lengkap dibandingkan susu sapi. Contohnya adalah taurine. Jenis asam amino tersebut hanya ditemukan sedikit pada susu sapi. Padahal taurine sangat berperan penting terhadap perkembangan otak dan mata bayi. Terbukti asam amino ini dijumpai pada jumlah yang cukup tinggi pada otak yang sedang berkembang.

Lemak

ASI memiliki lemak lebih banyak dibandingkan susu formula dan susu sapi. Lemak tersebut diperlukan untuk membantu pertumbuhan otak yang optimal selama bayi, Asam lemak omega 6 dan omega 3 berperan pada perkembangan otak. Selain itu, ada pula kandungan asam ARA dan DHA yang sangat penting untuk perkembangan retina mata dan jaringan saraf. Kadar lemak jenuh dan tak jenuh pada ASI lebih seimbang sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Karnitin

Kandungan ini berperan untuk proses pembentukan energi untuk sistem metabolisme tubuh. Kadar karnitin di dalam ASI tergolong sangat tinggi, khususnya pada 3 minggu pertama menyusui.

Mineral

Kadar mineral di dalam ASI tidak terlalu dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dan tidak dipengaruhi status gizi ibu. Mineral dalam ASI memiliki kualitas lebih baik dan mudah diserap jika dibandingkan mineral di dalam susu sapi. Kandungan mineral utama di dalam ASI adalah kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan otot dan rangka, pembekuan darah, dan transmisi jaringan saraf.

Vitamin

Selain mengandung mineral, ASI juga kaya akan vitamin seperti vitamin K, D, E, dan A. Vitamin K diperlukan untuk faktor pembekuan. Vitamin E memiliki peranan penting untuk menjaga ketahanan dinding sel darah merah. ASI mengandung vitamin E yang tinggi, khususnya pada kolostrum dan saat awal menyusui. ASI juga mengandung banyak vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, mendukung sistem kekebalan tubuh, pembelahan sel, dan pertumbuhan. Selain kaya vitamin A, ASI juga mengandung bahan baku vitamin A yakni beta karoten.