5 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Digendong

5 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Digendong

Ada banyak cara untuk menidurkan bayi tanpa digendong. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan kehadiran teknologi yang saat ini banyak bermunculan. Selain itu, hal yang juga perlu diperhatikan adalah perihal kenyamanan Si Bayi saat tidur. Moms bisa memastikannya dengan memberikan popok bayi baru lahir yang tepat dan nyaman. 

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting untuk bayi. Dengan tidur, kondisi fisik bayi terus mengalami perkembangan. Bagian dari setiap organnya juga mengalami perkembangan dengan sempurna ketika Si Kecil tidur.

Itu mengapa, bayi menghabiskan waktunya dengan lebih banyak tertidur. Bahkan terdapat penelitian dari University of Montreal yang menyebutkan bahwa balita yang tertidur saat malam lebih lama memiliki fungsi kognitif lebih baik dibanding yang tidak melakukannya.

Membincang tidur, bayi memang memiliki rasa nyaman saat berada di gendongan. Maklum, dengan bertemunya kulit Moms dengan Si Kecil, menimbulkan rasa aman dan tentram di dalam hati bayi. Ini mengapa saat bayi yang sudah tertidur di gendongan akan segera terbangun jika dipindahkan ke tempat tidurnya. Hal itu dikarenakan hilangnya sentuhan yang bisa membuatnya merasa terlindungi. 

Meski begitu, Moms tentunya tidak bisa terus menggendong anak dan perlu melakukan aktivitas lain. Dengan terus menggendongnya, rutinitas Moms bisa sedikit terganggu. Ujungnya, Si Kecil dan Moms juga yang akan terkena dampaknya, mulai dari kurang siapnya makanan untuk bayi dan keluarga, hingga berkurangnya nutrisi dari ASI lantaran Moms terlalu lelah beraktivitas sambil menggendong Si Kecil. Mulai membiarkan bayi tidur di kasur sendiri juga merupakan hal yang baik. Karena Moms akan melatih kemandirian dan keberanian pada bayi sejak dini.

Nah berikut merupakan 5 cara yang bisa Moms gunakan untuk menidurkan bayi tanpa digendong. Moms bisa melakukannya dirumah, agar bayi bisa terus mendapatkan kasih sayang yang sempurna dari orang tuanya. 

1. Tidurkan bayi di sebelah Moms

Saat bayi sudah memperlihatkan tanda-tanda mengantuk, Moms bisa segera meletakkannya di kasur bersebelahan dengan posisi Moms. Usahakan berada dalam jarak sedekat mungkin dengan bayi. Hal itu dimaksudkan agar bayi tetap mendapatkan sentuhan dari Moms. Sehingga rasa nyaman dan juga aman tetap didapatkan oleh Si Kecil.

Hal itu sudah bisa dilakukan Moms kala bayi sudah menginjak usia 6 hingga 8 minggu. Peluk dan rangkul bayi sambil menepuk bagian pantatnya. Hal tersebut akan membuat bayi rileks sehingga bisa lebih cepat tertidur. 

Moms juga bisa melakukannya sambil bersenandung lagu yang menenangkan. Tanpa disadari, Moms terus membangun komunikasi dan kedekatan emosi dengan bayi dengan bersenandung. Saat bayi sudah mulai mengantuk, hindari kontak mata langsung dengannya. Karena jika Moms terus menatapnya, si kecil malah menganggap hal tersebut sebagai ajakan bermain, dan artinya Moms membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa menidurkan bayi tanpa digendong.

2. Buat suasana temaram

Bayi memiliki sensitivitas akan stimulan yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Dengan pencahayaan yang gelap ataupun terang, bayi akan sulit untuk dibuat tidur, meskipun dia sudah mengantuk. Nah cara menidurkan bayi tanpa digendong berikutnya adalah dengan membuat suasana yang temaram. 

Jadi ketika bayi sudah mulai mengantuk, Moms bisa membaringkannya di tempat tidur dan meredupkan penerangan yang ada. Dengan cara seperti itu, Moms juga sekaligus melatih kedisiplinan bayi untuk mengenal jam tidur.

Selain itu, pastikan juga bayi sudah menggunakan pakaian yang nyaman dan tidak membuat gerah. Dengan bahan pakaian yang adem, ditambah suhu ruangan yang sejuk, suasana yang temaram akan membuat bayi tertidur lebih cepat dan lelap.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah memberikan popok yang nyaman digunakan oleh bayi. Moms bisa pilih popok yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan tingkat kehalusan produk yang sangat lembut. Jadi bayi bisa tidur dengan sangat nyaman tanpa ada rasa yang mengganjal. Salah satu popok yang Moms pilih adalah popok bayi Merries.

3. Maksimalkan pemberian ASI

Banyak orang tua yang mengatakan, ketika si kecil sudah kenyang minum ASI, dia akan tertidur dengan sendirinya. Hal tersebut masuk akal, karena bagi orang dewasa, biasanya rasa kantuk akan datang menyergap ketika perutnya sudah terisi dengan penuh.

Namun fakta sebenarnya adalah bukan rasa kenyang yang membuat bayi mengantuk. Di dalam ASI terdapat kandungan yang dinamakan nukleotida. Zat tersebut jika diminum oleh bayi pada malam hari, akan membantunya untuk tertidur lebih cepat. Ya, salah satu kandungan di dalam ASI tersebut dipercaya mampu membuat bayi mengantuk. Hal tersebut bisa dilakukan sebagai cara menidurkan bayi tanpa terus-terusan digendong. 

Ketika ia terbangun, Moms bisa memberikan tepukan pelan di pundak juga punggungnya. Tepukan pelan akan membantunya kembali tenang dan mengantuk. Namun, apabila bayi masih tetap menangis dan terbangun, maka opsi terakhirnya adalah dengan memberikannya ASI lagi. 

4. Membedong bayi

Siapa sangka jika budaya yang diturunkan dari orang tua terdahulu bisa dijadikan cara untuk menidurkan bayi tanpa digendong. Bayi yang berada pada usia 0 hingga 3 bulan dapat dibedong, dan membantu bayi tertidur lebih pulas bahkan saat terjadi hal yang bisa membuatnya kaget.

Ya, kain yang membungkusnya menghalangi tingkat refleks bayi. Tingkat refleks ini yang berpeluang muncul saat dia mendengar atau merasakan sesuatu secara tiba-tiba dan membuat ia terbangun. Namun pastikan bedong tidak terlalu ketat atau dengan bahan yang membuat gerah ya. Karena hal tersebut malah akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan susah tidur.

5. Tempat tidur bayi

Cara menidurkan bayi tanpa digendong berikutnya menggunakan kemajuan teknologi. Ya, Moms bisa meletakkan bayi diatas tempat tidur goyang. Sensasi yang dirasakannya menyerupai rasa saat digendong oleh Moms. Sambil didengarkan senandung merdu orang tuanya, bayi bisa tertidur lebih cepat dengan tempat tidur goyang.

Saat ini, juga sudah terdapat tempat tidur yang menggunakan listrik, jadi Moms tidak perlu menggoyangnya secara manual. Namun Moms sekalian perlu melakukan riset mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Karena bagaimanapun,  tempat tidur tersebut menggunakan daya listrik sebagai sumber tenaganya.

Sementara untuk tempat tidur manual, Moms bisa menggoyangnya sendiri. Kecepatan ayunan dapat diatur dengan kekuatan Moms sendiri. Dengan hal itu, Moms juga bisa melatih kesabaran dan juga kepekaan untuk melihat Si Kecil, apakah sudah benar-benar tertidur atau masih dalam tahap mengantuk. 

Apapun hal yang dilakukan oleh Moms, menidurkan bayi tanpa digendong bakal membuat tumbuh kembangnya berjalan baik. Karena sejak usia dini, bayi sudah dikenalkan tentang rasa keberanian, mandiri, kedisiplinan dan juga kasih sayang.

Ingat, periode emas bayi berada pada masa 0 hingga 2 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Moms harus bisa memberikan hal terbaik kepada bayi. Baik itu dari segi nutrisi hingga keperluan seperti popok agar bisa memberikan rasa nyaman ketika bayi bermain hingga saat ia tidur agar ia bisa tumbuh kembang yang optimal. Merries memiliki teknologi tiga lapisan yang membuat permukaan popok lembut, daya serap tinggi, dan menjaga bagian dalam popok tetap sejuk ketika digunakan bayi. Karet pada selangkangan dan pinggang bayi pun fleksibel sehingga nyaman ketika bayi bergerak saat bermain dan tidur, sehingga bayi bisa tetap nyaman.