5 Cara Ajari Anak Belajar dari Perbuatan Salahnya

Merries Insight
24 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
5 Cara Ajari Anak Belajar dari Perbuatan Salahnya

Sedih atau kecewa karena melakukan kesalahan tidak hanya menjadi persoalan untuk orang dewasa namun juga anak-anak. Tidak jarang ketika anak sedih dan kecewa, Moms juga ikut merasakan kesedihannya. Namun, belajar dari kesalahan merupakan proses yang perlu mereka lalui sebelum ia meraih kesuksesan saat besar nanti. Moms, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Moms lakukan agar anak belajar dari perbuatan salahnya yang ia lakukan.

Beri Semangat

Kegagalan seperti tidak berhasil menyusun balok akan membuat anak belajar lebih tekun dan bersabar. Dorong anak untuk mengulang lagi jika ia gagal. Beri semangat supaya anak tidak mudah putus asa. Perlu keberanian bagi anak untuk mencoba lagi setelah ia mengalami kegagalan karena anak mungkin saja gagal dan akan kecewa lagi. Bila ia mau terus berusaha sampai berhasil, maka ia akan mempunyai rasa keberanian yang tinggi.

Ajarkan Si Kecil Berbesar Hati

Ketika anak gagal melakukan apa yang ia inginkan, beri pengertian supaya ia dapat menerima kegagalannya secara positif sehingga ia mau terus berusaha sampai berhasil. Dengan cara ini rasa percaya diri anak juga akan tumbuh dengan sempurna.

Mengajak Anak Berusaha Lebih Keras

Jika si kecil gagal, cobalah ajak anak untuk berjuang lebih keras. Tanamkan sikap optimis pada anak bahwa ia akan berhasil jika ia mau mencoba lagi.

Jika Anak Berbuat Salah

Bila si kecil melakukan kesalahan terhadap orang lain seperti mendorong temannya sampai terjatuh, mintalah anak untuk meminta maaf dengan temannya itu. Ajarkan sikap empati dan beritahu bagaimana jika anak menjadi teman yang didorong tadi. Pasti ia akan sakit dan sedih sehingga ia tidak boleh mengulangi lagi perbuatannya itu karena dapat menyakiti orang lain.

Memberi Solusi

Ketika anak berbuat salah dan ia menyadari kesalahannya tersebut, Moms dapat memberikan solusi supaya anak tidak mengulangi perbuatan salahnya tersebut. Jika ia berbuat salah dengan temannya, Moms dapat memberi solusi dengan mengajak anak datang ke rumah temannya itu dan minta maaf atau jika si kecil mengambil barang milik temannya, ajaklah ia untuk mengembalikan barang tersebut dan meminta maaf.