5 Cara Ajak Anak Cinta Membaca

Merries Insight
20 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
5 Cara Ajak Anak Cinta Membaca

Para orang tua kadang sering mempermasalahkan tentang pada usia berapa anak sebaiknya mulai diajari membaca, apakah pada saat usia TK, atau menunggu nanti saat ia sudah masuk SD. Hingga sekarang ini masih belum ada literatur yang menyatakan bahwa seseorang yang sudah bisa membaca sejak usia dini tentu akan lebih sukses saat masa depan dibandingkan anak yang baru dapat membaca pada usia yang lebih tua.

Tetapi, tidak berarti Moms tidak diperbolehkan mengajari si kecil membaca sedini mungkin. Tentu tetap ada sisi baiknya dari mengajari anak membaca sebelum ia sekolah. Salah satu manfaat positifnya adalah membangkitkan kecintaan anak untuk membaca. Bahkan anak bisa saja lebih tertarik untuk beli buku ketimbang mainan.

Pada dasarnya menjadi pilihan Moms sendiri kapan hendak mulai mengajari si kecil membaca. Pasalnya walaupun anak sedikit terlambat belajar membaca, si kecil akan tetap tumbuh jadi anak yang berprestasi jika Moms terus mendukungnya agar cinta membaca. Membesarkan buah hati yang gemar membaca pasti jauh lebih penting dari hanya sekedar membesarkan anak yang dapat membaca sejak bayi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengajak si kecil lebih cinta membaca.

Membacakan Berbagai Macam Buku

Moms harus memperkenalkan tentang beragam topik pada si kecil. Selain untuk menambah kosa katanya, ini juga membantu merangsang dan mencari tahu tentang minatnya.

Bercerita Dengan Bahasa Sederhana

Saat bercerita, gunakan bahasa yang simpel dan mudah dipahami oleh anak. Bila Moms menemukan kalimat atau kata yang susah dimengerti dari buku bacaaan, Moms dapat mengganti kalimat atau kata tersebut dengan yang lebih mudah dipahami oleh si kecil.

Kontak Mata

Lakukan kontak mata saat bercerita. Pilihlah kalimat – kalimat yang pendek pada saat bercerita supaya Moms mempunyai banyak jeda untuk kontak mata.

Cerita Dengan Runtut

Ini akan membantu si kecil mengerti bahwa cerita dibangun oleh dialog, plit, dan karakter para tokohnya.

Siapkan Alat Tulis

Sediakan alat tulis saat Moms bercerita. Ajak si kecil untuk menggambar berdasarkan imajinasinya tentang cerita yang sedang dibaca.