4 Tips Menjaga Kesehatan Mulut Saat Hamil

Merries Insight
23 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Tips Menjaga Kesehatan Mulut Saat Hamil

Kesehatan Moms saat hamil menjadi perhatian penting setiap saat. Satu gejala tidak enak badan saat hamil, maka berpengaruh pada janin yang Moms kandung. Termasuk menjaga kesehatan mulut yang mudah dilingkupi kuman penyakit. Apalagi di dalam mulut terdapat gigi untuk mengunyah makanan. Banyak kuman penyakit yang akan segera bersarang di gigi dan mulut, jika setelah makan tidak segera menggosok gigi. Moms tentu tidak ingin merasakan sakit gigi saat hamil.

Sebelum terlambat dan menyesal karena sakit gigi, mudah untuk menjaga kesehatan mulut bagi Moms. Berikut ini empat tips sederhana yang perlu Moms ketahui.

  1. Menyikat Gigi Setiap Hari

Saat hamil maupun sedang tidak hamil dianjurkan sikat gigi setiap hari. Tujuan kesehatan menghindari Moms dari risiko sakit gigi, gusi berdarah, dan tumpukan karang gigi. Sikat gigi setiap hari terhindar tiga macam risiko tersebut. Moms tidak boleh malas menyikat gigi apalagi saat hamil. Gunakan pasta gigi yang mengandung kalsium dan fluoride. Gigi Moms memperoleh sumber gizi baik dengan pasta gigi yang tepat.

  1. Waktu Tepat Menyikat Gigi

Setiap hari bukan berarti satu kali. Perhatikan waktu saat Moms hendak menyikat gigi. Bangun tidur saat mandi pagi, selesai sarapan, mandi sore, dan sebelum tidur. Empat waktu yang harus Moms perhatikan untuk menjaga kesehatan mulut saat hamil.

  1. Cukup Asupan Kalsium

Makanan dan minuman yang Moms konsumsi dianjurkan mengandung asupan kalsium. Kalsium adalah sumber gizi mikro termasuk golongan mineral. Berfungsi membantu memperkuat gigi dan kesehatan mulut. Moms harus mengkonsumsi susu, yogurt, ikan laut sarden, salad.

  1. Rajin Periksa Ke Dokter

Setiap enam bulan sekali Moms periksa kesehatan mulut dan gigi ke dokter. Bentuk antisipasi jika terjadi masalah yang Moms tidak dirasakan. Rajin ke dokter membuat kesehatan mulut dan gigi Moms saat hamil selalu terjaga.

Mulut sehat, gigi sehat, Moms sehat, dan janin juga selalu sehat. Kesehatan mulut membawa pengaruh kesehatan tubuh Moms. Kesehatan Moms secara langsung mempengaruhi pertumbuhan janin yang sehat.