4 Tips Membuat Anak Lebih Aktif

Merries Insight
09 Februari 2015
Umum
Share
4 Tips Membuat Anak Lebih Aktif

Sebagian mama yang memiliki anak balita mungkin merasa tidak memiliki banyak waktu luang untuk sekedar berolahraga. Padahal, mama yang aktif ternyata juga dapat memicu buah hatinya ikut aktif. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat aktivitas anak memiliki kaitan erat dengan aktivitas yang dilakukan oleh mamanya. Jika mama tidak aktif atau banyak menonton TV dibandingkan beraktivitas dan berolahraga, maka buah hatinya pun cenderung ikut tidak aktif. Jika Moms memiliki anak balita dan ingin si kecil bergerak aktif seperti kebanyakan anak lainnya, maka cobalah untuk melakukan tips berikut ini:

Mengajak Anak Berolahraga Bersama

Jika Moms selama ini jarang berolahraga karena sibuk bekerja, maka mulai sekarang Moms perlu membiasakan diri untuk berolahraga. Ajak si kecil untuk ikut berolahraga bersama Moms. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga yang berat. Olahraga ringan seperti jogging bersama, bermain lempar bola bersama, atau sekedar bersepeda santai juga sudah termasuk aktivitas yang dapat membuat anak lebih aktif daripada hanya sekedar duduk manis di depan TV.

Menari Bersama

Moms dapat memutarkan lagu–lagu anak atau musik menyenangkan untuk menari bersama. Buatlah gerakan–gerakan yang lucu dan mudah ditirukan oleh anak sehingga si kecil dapat menikmatinya. Aktivitas ini tidak harus dilakukan setiap hari tetapi perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali.

Menyanyi Bersama

Putarkan lagu anak–anak yang mudah dihafal dan bernada ceria seperti lagu Balonku, Tik Tik Tik Bunyi Hujan, Pelangi, dan lagu–lagu anak lainnya. Ajarkan si kecil untuk ikut bernyanyi mengikuti lagu yang sedang diputar atau berkaraoke bersama. Menyanyi walaupun hanya melibatkan sedikit anggota badan tetapi sudah mampu membuat anak menjadi lebih aktif. Namun akan lebih baik lagi jika saat menyanyi anak juga menari.

Ajak Anak Melakukan Tugas Rumah Tangga

Jika Moms terbiasa melakukan tugas rumah tangga sendirian, ini mungkin saatnya Moms untuk mulai melibatkan anak agar ia menjadi lebih aktif. Berikan anak tanggung jawab untuk melakukan tugas–tugas ringan seperti menyapu lantai.

Semua aktivitas di atas sangat bermanfaat untuk si kecil agar ia lebih aktif. Selain itu, Moms juga dapat menjaga kedekatan hubungan antara Moms dengan si kecil.