4 Tips Cerdas Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak

4 Tips Cerdas Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak

Membaca merupakan kemampuan mendasar yang harus dikuasai oleh anak-anak. Pengenalan membaca pada anak sebaiknya wajib diberikan sejak dini atau ketika anak sudah dinilai siap untuk menerima pelajaran membaca, karena kemampuan membaca ini merupakan langkah awal untuk bisa melihat dunia.

Membaca merupakan syarat utama saat anak akan mulai masuk ke masa sekolah dasar atau SD, jika anak sudah mampu membaca dengan baik, mereka juga akan mendapatkan kemudahan dalam menyerap pelajaran sehingga mereka dapat meningkatkan prestasi belajar mereka sendiri di sekolah. Untuk itulah, Moms sebagai orang tua perlu untuk membiasakan anak membaca, entah itu lewat buku dongeng ataupun ensiklopedia untuk anak.

Berikut beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh orang tua dalam usaha untuk menumbuhkan minat membaca anak.

1. Menyediakan Bacaan Anak

Selalu sediakan bacaan untuk anak Moms di rumah, beberapa buku bacaan yang menarik untuk anak bisa berupa buku dongeng, ensiklopedia anak, buku cerita bergambar dan lainnya. Dengan adanya buku di rumah, secara otomatis anak akan sedikit demi sedikit terdorong untuk belajar membaca dan minat bacanya pun akan meningkat sehingga kebiasaan baik ini akan berubahan menjadi kebutuhan bagi mereka.

2. Membaca Bersama

Pastinya akan sangat tidak menyenangkan jika anak harus membaca sendirian sedangkan Moms sibuk dengan gadget atau televisi Moms. Untuk itulah, demi menunjang dan meningkatkan minat baca anak, maka biasakanlah anak untuk membaca dengan didampingi Moms. Cobalah luangkan sedikit waktu untuk membaca buku bersama anak-anak, misalnya saja di sore hari ataupun ketika malam menjelang tidur.

3. Menguji Pemahaman Anak

Cobalah untuk membuka diskusi tentang apa yang terkandung dalam buku yang telah dibaca anak. Moms bisa bertanya kepada mereka tentang buku yang sudah mereka baca, selanjutnya Moms bisa meminta pendapat mereka. Jadilah pendengar yang baik dan biarkan dia bertindak sebagai guru Moms.

4. Berikan Hadiah atau Penghargaan

Anak-anak selalu ingin dihargai, minimalnya pujian atau bahkan sebuah hadiah kecil untuk mereka. Ketika anak sudah menamatkan buku bacaan mereka dan Moms sudah menguji kemampuan pemahaman anak tentang buku yang telah dibaca tersebut, maka tidak ada salahnya jika Moms bertanya kepada mereka tentang buku apa lagi yang mereka inginkan. Ajak mereka ke toko buku untuk memilih buku yang ingin mereka baca sendiri.