4 Tahap Pijat Sederhana Untuk Bayi

Merries Insight
07 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Tahap Pijat Sederhana Untuk Bayi

Tahukah Moms bahwa sebuah pijatan tidak hanya disukai oleh orang dewasa? Sebuah pijatan merupakan kenikmatan sederhana dalam hidup. Bayi pun bahkan menyukai pijatan. Si kecil memerlukan pijatan yang lembut dari tangan Moms. Ajaibnya, pijatan lembut seorang mama mampu memberikan banyak manfaat positif untuk bayi termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu si kecil berpanas secara lebih teratur.

Tetapi perlu dicatat bahwa pijat untuk bayi tidak sama dengan pijat untuk orang dewasa. Pasalnya kulti bayi masih begitu rapuh dan lembut. Oleh karena itu jika Moms ingin melakukan pijat bayi, maka sebaiknya Moms memperhatikan beberapa tahapan pijat yang benar seperti dijabarkan berikut ini:

  1. Hangatkan minyak

Dalam memijat bayi, Moms sebaiknya menggunakan minyak khusus bayi atau baby oil. Ini adalah minyak yang khusus dibuat untuk bayi. Atau jika tidak, Moms dapat menggunakan virgin oil atau minyak zaitun. Sebelum memijat, hangatkan minyak terlebih dulu. Caranya bukan dengan memanaskan minyak tersebut tetapi menggosokkan minyak pada kedua telapak tangan Moms sebelum diaplikasikan pada bayi untuk memijat.

  1. Memulai dari kaki

Pijat bayi yang benar adalah dimulai dari bagian kaki lebih dulu. Hal ini karena si kecil sudah terbiasa kakinya disentuk ketika Moms mengganti popok atau celananya. Namun, kali ini sentuhan yang diberikan berbeda. Buatlah gerakan menggosok dari paha bagian atas sampai ke bawah secara lembut dan perlahan.

  1. Memijat dada dan perut

Untuk memijat bagian dada dan perut caranya letakkan dua tangan Moms di tengah dada si kecil. Buka kedua tangan ke samping. Masih pada posisi kedua tangan berada di dada bayi, Moms dapat menggunakan jari Moms untuk memijat ke arah luar dan membuat gerakan lingkaran.

  1. Lakukan pijatan secara berulang

Lakukan gerakan – gerakan pemijatan di atas secara berulang selama bayi terlihat nyaman dan menyukai aktivitas pemijatan yang Moms berikan.

Demikian Moms tahap – tahap pijat sederhana untuk bayi. Pijatlah si kecil secara perlahan dan tidak perlu ditekan – tekan. Memijat bayi sendiri selain dapat memberikan manfaat kesehatan untuk bayi juga akan semakin meningkatkan kedekatan Moms dengan si kecil. Selain itu, bayi yang sering dipijat juga akan tidur lebih nyenyak.