4 Alasan Bayi Suka Menarik Rambut

Merries Insight
14 Desember 2014
Tumbuh Kembang
Share
4 Alasan Bayi Suka Menarik Rambut

Apakah buah hati Moms senang menarik-narik rambut? Hal ini memang cukup banyak dilakukan oleh si kecil. Tangan kecilnya mencengkeram dan menarik rambut diiringi dengan tawa yang lebar atau ocehan senang. Moms sendiri mungkin penasaran atau bahkan khawatir dengan kebiasaan si kecil yang satu ini? Untuk menjawab rasa penasaran Moms, berikut ini adalah beberapa alasan si kecil gemar menarik rambut.

  1. Bayi Merasa Senang

Pada usia ini sebenarnya bayi belum benar-benar mengatahui apa yang dia lakukan. Awalnya mungkin ia hanya sekedar merasa senang memainkan rambut Moms yang terasa lembut dengan aroma yang wangi. Hal ini membuat si kecil meras nyaman dan tenang. Akhirnya lama kelamaan bayi benar-benar merasa senang bermain dengan rambut siapa saja yang ada dalam jangkauannya.

  1. Bayi Belajar Mengeksplorasi

Pada usia tersebut bayi sudah mulai belajar bereksplorasi dengan dunia di sekitarnya lewat sentuhan. Dia menyentuh apa pun, menggenggam, dan bermain dengan apa yang ia pegang. Saat anak mendengar ada yang berteriak atau melihat ekspresi wajah yang berbeda ketika ia menarik rambut seseorang, bayi menganggap itu adalah hal yang lucu dan menyenangkan sehingga ia justru tertawa kegirangan.

Hal ini kadang juga disebabkan oleh orang – orang di sekitarnya. Bisa jadi sang kakak yang justru sering menyodorkan kepalanya agar rambutnya ditarik – tarik oleh adik dan kakak kemudian berpura-pura menjerit sambil mengusap perut adiknya dengan hidungnya. Hal serupa juga mungkin terjadi saat si kecil bercanda dengan Moms, papa, ataupun dengan pengasuhnya. Jadi tidak heran jika anak akhirnya senang menjambak karena menggapnya psebagai permainan yang menyenangkan

  1. Ingin Diperhatikan

Alasan yang lain adalah si kecil ingin diperhatikan. Ketika ia menarik rambut, maka orang yang rambutnya ditarik oleh sang bayi otomatis akan mengalihkan perhatiannya kepada si kecil. Bayi tersebut belum mengetahui bahwa tindakan yang dilakukannya itu sebenarnya menyakiti orang lain jadi Moms tidak boleh marah.

  1. Ingin Mengamankan Diri

Alasan selanjutnya adalah anak ingin menghentikan sesuatu tidak menyenangkan yang terjadi padanya. Jika ada orang yang mengganggunya atau mengambil mainannya, maka si kecil akan menarik rambut orang itu dan menghentikan gangguan tersebut.