3 Tips Mengemudi yang Aman Selama Kehamilan

Merries Insight
07 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Tips Mengemudi yang Aman Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan, Moms sudah pasti akan berusaha lebih berhati-hati dalam melakukan segala aktivitas agar janin tetap aman dan berkembang dengan sempurna. Ibu hamil memang harus mengurangi aktivitas fisik yang berat selama masa kehamilan, tetapi hal ini tidak berarti bahwa ibu hamil harus berhenti melakukan segala aktivitas. Ibu hamil tetap bisa melakukan segala aktivitas dengan mandiri termasuk bekerja dan bahkan menyetir mobil sendiri. Banyak ibu hamil yang tetap bekerja selama kehamilan sehingga mereka harus mengemudi sendiri untuk mencapai tempat kerja atau melakukan tugas kantor.

Perubahan yang terjadi pada tubuh Moms perlu diperhatikan untuk menjamin keamanan Moms saat mengemudi khususnya jika perut Moms sudah mulai membesar. Moms pastinya akan sangat berhati-hati saat mengemudi demi melindungi janin dalam tubuh Moms. Namun, beberapa insiden kecelakaan mungkin tidak bisa dihindari sehingga Moms wajib mengoptimalkan keamanan selama mengemudi dalam kondisi mengandung. Berikut tips mengemudi dengan aman untuk Moms selama kehamilan:

  1. Gunakan Sabuk Pengaman

Dengan perut yang semakin membesar, Moms mungkin akan merasa kurang nyaman jika harus mengenakan sabuk pengaman. Akan tetapi, Moms tetap harus mengenakan sabuk pengaman dengan catatan Moms tidak boleh menempatkan sabuk pengaman di atas perut. Sabuk pengaman bagian atas bisa disilangkan di antara dada dengan posisi menjauhi leher sementara bagian bawah diletakkan di atas pinggang di bawah perut. Sabuk pengaman tidak boleh diletakkan di belakang punggung atau di bawah lengan. Meskipun mobil Moms sudah dilengkapi dengan kantong udara, Moms tetap harus mengenakan sabuk pengaman selama mengemudi.

  1. Jangan Menggunakan Lapisan Ekstra

Lapisan ekstra seperti jaket sebaiknya dilepaskan Moms. Hal ini untuk menghindari rasa sesak dan yang paling penting adalah tidak menganggu penempatan sabuk pengaman yang Moms gunakan.

  1. Atur Posisi Duduk

Atur posisi duduk dan kursi pengemudi. Sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga posisi tulang dada berjarak paling tidak 10 inci dari kemudi maupun dasbor.

Akan jauh lebih baik jika Moms mengurangi aktivitas mengemudi mobil sendiri selama kehamilan. Jika Moms tetap harus mengemudi sendiri selama hamil, paling tidak Moms harus memastikan berkendara dengan aman. Moms wajib berhati-hati selama mengemudi.