3 Tips Atasi Diare Saat Hamil

Merries Insight
19 September 2014
Umum
Share
3 Tips Atasi Diare Saat Hamil

Moms tentu akan sangat sedih ketika terkena diare saat hamil. Diare ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya makanan yang tidak bersih atau lingkungan yang tidak bersahabat. Moms yang mengalami diare bisa kekurangan cairan dan tentu saja bayi dalam kandungan juga pertumbuhannya sangat terganggu. Bahkan jika terus menerus terjadi, bayi dalam kandungan bisa gugur atau lahir premature. Sebenarnya apa tips yang harus dilakukan saat Moms diare? Moms bisa membacanya di sini.

  • Moms sebaiknya kurangi atau hentikan konsumsi susu atau produk olahan susu. Ada beberapa Moms yang mempunyai masalah atau alergi dengan beberapa kandungan didalam susu sehingga membuat pencernaan menjadi terganggu. Moms bisa menghentikan minum susu atau mengganti produk susu yang lainnya. Moms juga bisa menghentikan makan produk olahan susu seperti keju, yoghurt, atau makanan lainnya.
  • Moms bisa berhenti konsumsi pasta, apel, jagung manis, gandum, kentang, kubis dan makanan yang mengandung vitamin D. Moms bisa mengganti dengan konsumsi asam folat dan vitamin B.
  • Moms bisa memperbanyak minum air putih matang dan bisa ditambah sedikit madu. Hindarilah minum air es karena air es bisa jadi mengandung banyak bakteri juga. Madu sangat baik untuk mengobati berbagai penyakit dan madu merupakan pemanis alami yang akan memberikan energi pada Moms yang sedang lemas karena diare.

Diare bukanlah penyakit yang bisa Moms remehkan. Jika Moms mengalami diare selama beberapa hari dan tidak kunjung sembuh, maka Moms dan janin dalam kandungan bisa kekurangan cairan. Akibatnya Moms akan merasa lemas dan tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Diare ketika masa kehamilan juga akan sangat membahayakan janin dalam kandungan karena jika janin kekurangan makanan maka perkembangan janin didalam kandungan juga akan terganggu. Bisa jadi janin di dalam kandungan tidak akan berkembang secara optimal. Selain tiga tips di atas, moms sebaiknya tidak menggunakan obat secara sembarangan apalagi tanpa rekomendasi dokter karena akan sangat berbahaya bagi janin. Moms bisa menggunakan cara-cara tradisional atau dengan bahan alami untuk mengobati diare.