3 Permainan Kreatif dan Menyenangkan untuk Anak-anak

3 Permainan Kreatif dan Menyenangkan untuk Anak-anak

Dunia anak-anak merupakan dunia bermain. Dalam permainan tersebut mereka akan belajar dan terus mengembangkan kemampuan mereka, dari mulai kemampuan motorik sampai kemampuan kognitif. Ada berbagai macam jenis permainan kreatif yang bisa orang tua lakukan bersama anak-anak, dan tentunya, bermain bersama anak ini akan memberikan dampak yang positif dalam perkembangan jiwa anak dan juga melatih kecerdasan emosionalnya.

Berikut beberapa permainan kreatif yang dapat Moms coba untuk membuat pertumbuhan anak lebih maksimal.

Sambung Kata

Sambung kata merupakan permainan yang tidak membutuhkan alat bantu apapun untuk melakukannya. Moms bisa meminta anak pertama kali untuk memulai permainan dengan mengatakan kata yang dia mau, misalkan saya, lalu anak kedua akan menambahkan satu kata menjadi suka sehingga menjadi saya suka, lalu pada anak selanjutnya kata disambung menjadi saya suka bermain dengan menambahkan kata bermain, dan begitu selanjutnya sehingga dari satu kata menjadi sebuah cerita yang sangat panjang.

Permainan ini baik untuk memperlancar kemampuan anak dalam berbicara dan juga bermanfaat bagi pertumbuhan otak anak karena akan merangsang daya ingat dan menguji seberapa banyak jumlah kosa kata yang dimiliki oleh anak tersebut.

Tebak Benda dalam Kantong

Cara bermain tebak benda dalam kantong ini sangat mudah yakni dengan cara memasukkan semua jenis benda ataupun makanan yang telah Moms pilih sebelumnya ke dalam tas atau kantong. Setelah itu minta anak untuk menutup matanya lalu memasukkan tangannya ke dalam kantong dan menebak benda yang diambilnya tersebut.

Permainan ini dipercaya dapat merangsang motorik halus anak melalui kegiatan meraba benda dan juga melatih indera penciuman anak sehingga konsentrasi anak juga akan diuji dalam permainan ini.

Patung Musik

Permainan patung musik ini hanya membutuhkan musik dari telepon genggam atau laptop sebagai alat bermainnya. Jangan lupa untuk terlebih dahulu menyampaikan peraturan permainan ini dengan jelas kepada anak-anak. Permainan akan dimulai dengan cara memutar musik dan mintalah anak-anak untuk berjoget dengan goyangan yang paling lucu dan menarik. setelah beberapa lama, hentikan musik secara mendadak dan minta anak-anak untuk berhenti bergoyang saat itu juga. Kemudian biarkan mereka untuk mematung sampai musik tersebut kembali diputar. Lakukan cara ini beberapa kali dengan jarak berhenti yang tidak ditentukan.

Permainan ini akan melatih anak untuk lebih percaya diri dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya, melatih otot motoriknya, melatih konsentrasinya dan yang paling penting adalah mereka akan bersosialisasi dengan baik pada permainan ini.